Analisis perkembangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 1990-2015 / Novika Kusmitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perkembangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 1990-2015 / Novika Kusmitasari

Kusmitasari, Novika (2013) Analisis perkembangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 1990-2015 / Novika Kusmitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perkembangan Inflasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dua indikator kemajuan pembangunan adalah Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi. Indikator ini pada dasarnya mengukur kemampuan suatu negara untuk memperbesar outputnya dalam laju yang lebih cepat daripada tingkat pertumbuhan penduduknya. Pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi mencerminkan kegiatan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi dapat bernilai positif dan dapat pula bernilai negatif. Jika pada suatu periode perekonomian mengalami pertumbuhan positif berarti kegiatan ekonomi pada periode tersebut mengalami peningkatan dan nilai inflasi semakin menurun begitu pula sebaliknya Negara memerlukan gambaran perekonomian yang akan terjadi untuk menentukan kebijakan dan antisipasi dalam menghadapi persoalan ekonomi. Oleh karena itu penting bagi suatu negara mempertimbangkan keadaan ekonomi yang akan terjadi di masa yang akan datang yaitu dalam jangka panjang. Penelitian ini mengambil pokok masalah Analisis Perkembangan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Tahun 1990-2015 . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan inflasi di Indonesia pada tahun 1990- 2015 menganalisis perkembangan pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 1990-2015 serta menganalisis kebijakan yang dapat diambil pemerintah dan bank sentral guna menyetabilkan laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 1990-2015. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Time Series dengan data time series tahunan Periode 1990 2009 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Indonesia. Pengujian meliputi teknik ratarata sederhana (simple average) teknik rata-rata bergerak sederhana (simple moving average) teknik trend teknik pelicinan eksponensial tunggal (single exponential smoothing) teknik pelicinan eksponensial ganda dari Brown (double exponential smoothing- Brown) teknik pelicinan eksponensial ganda dari Holt (double exponential smoothing- Holt) dan teknik ARIMA dengan memilih salah satu alat uji yang memiliki nilai kesalahan terkecil dari nilai 931 (Y Y )2. Hasil analisis data menggunakan time series menunjukkan bahwa tren yang paling cocok untuk inflasi adalah metode pelicinan eksponensial ganda dari Holt dan pertumbuhan ekonomi menggunakan metode pelicinan eksponensial ganda dari Holt. Pada tahun 2010-2015 inflasi mengalami penurunan hingga angka minus. Pertumbuhan ekonomi dari tahun 2010 hingga 2015 mengalami penurunan. Kebijakan yang paling banyak digunakan dalam mengimbangi permasalahan inflasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah operasi pasar terbuka fasilitas diskonto dan giro wajib minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41890

Actions (login required)

View Item View Item