Prayogo, Yudo (2013) Efektifitas penerapan media pembelajaran E-Learning berbasis website dengan menggunakan Moodle dan Dokeos terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi / Yudo Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media Pembelajaran e-learning website moodle dokeos hasil belajar Jurusan Ekonomi Pembangunan sebagai salah satu penyelenggara pendidikan program S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang saat ini mengikuti sistem e-learning yang diselenggarakan oleh pusat TIK UM yang menggunakan Moodle versi 1.xx yang pelaksanaanya belum maksimal. Oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tema Penerapan Media Pembelajaran e-learning Berbasis Website dengan menggunakan Moodle versi 2.01 dan Dokeos versi 2.0 terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang yang bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning menggunakan moodle dan dokeos sebagai web e-learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran e-learning berbasis website dengan menggunakan Moodle dan Dokeos pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi (2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran e-learning berbasis website terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi (3) respons mahasiswa tentang penerapan media pembelajaran e-learning berbasis website dengan menggunakan Moodle dan Dokeos pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai rata-rata gain score siswa kelas kontrol adalah sejumlah 26 66% dan kelas eksperimen adalah sejumlah 18 51%. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar mahasiswa kelas kontrol yang diajar dengan media pembelajaran e-learning berbasis website dengan menggunakan moodle berbeda secara signifikan daripada kelas eksperimen yang diajar dengan media pembelajaran e-learning berbasis website dengan menggunakan dokeos. Berdasarkan hasil analisis respon siswa dapat diketahui bahwa mahasiswa merasa senang dengan pembelajaran web e-learning dengan menggunakan moodle dari pada web e-learning dengan menggunakan dokeos. Saran yang diberikan adalah (1) Bagi Jurusan Ekonomi Pembangunan Pelaksanaan e-learning dapat digunakan untuk menambah variasi kegiatan pembelajaran di Jurusan ekonomi pembangunan. (2) Bagi dosen Penggunaan website e-learning ini akan sangat baik jika dipadukan dengan media presentasi FLASH karena media ajar animasi flash dapat dibuka dalam browser secara langsung. (3) Bagi mahasiswa Mahasiswa yang menggunakan website e-learning dapat memanfaatkan website selain untuk mengerjakan tugas. Juga dapat menggunakanya untuk diskusi secara online lewat forum maupun chating dengan fungsi Chat. (4) Bagi peneliti yang lain CMS moodle dan dokeos memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam pengembangannya akan keluar versi versi moodle dan dokeos yang lebih baru dengan penyempurnaan dari kelemahan-kelemahan yang ada. Penambahan variable lain dapat dilakukan untuk mengetahui penerapan website e-learning untuk keperluan lainya atau peneliti lain dapat membandingkan CMS lain karena banyak sekali yang menyediakan website e-learning open source seperti TC EXAM dan ATutor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41889 |
Actions (login required)
View Item |