Pengaruh gaya belajar (Learning style) dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen / Yoga Pramono Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar (Learning style) dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen / Yoga Pramono Putro

Putro, Yoga Pramono (2012) Pengaruh gaya belajar (Learning style) dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen / Yoga Pramono Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci gaya belajar (learning style) fasilitas belajar siswa dan prestasi belajar. Gaya belajar (learning style) merupakan kombinasi bagaimana seorang siswa menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) yang diterimanya. Gaya belajar menurut modalitasnya terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik setiap siswa mampu belajar secara cukup efektif dengan cara visual auditorial dan kinestetik sehingga tidak membutuhkan perhatian khusus dalam belajar dan ada Pula beberapa siswa lebih menonjol menggunakan salah satu gaya belajar dari tiga tipe gaya belajar sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam belajar. Siswa yang mengetahui gaya belajarnya maka akan mempermudah siswa tersebut dalam menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Fasilitas belajar yang memadai akan dapat menumbuhkan daya imajinasi siswa untuk berkreasi dan membuat proses pembelajarn akan berjalan dengan lancer teratur dan nyaman serta dapat menghadapi perkembangan teknologi. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa maka dapat mencari konsep memunbuhkan dan meningkatkan kemampuannya serta kecakapan hidup. Tentunya siswa harus memanfaatkan fasilitas belajar yang ada di rumah sekolah dan masyarakat dengan baik agar dapat membantu meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa kelas XI IPS SMA Islam Kepanjen yang berjumlah 114 dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 53 siswa tehnik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gaya belajar mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen sebesar 21 9%. Hal ini dapat dilihat dari thitung 2 138 lebih besar dari ttabel 2 000. Fasilitas belajar siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen sebesar 32 5%. Hal ini dapat dilihat dari thitung 3 042 lebih besar dari ttabel 2 000. Secara simultan gaya belajar (learning style) dan fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 54 5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai Fhitung 29 975 lebih besar dari Ftabel 1 63.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41881

Actions (login required)

View Item View Item