Supriyaningsih, Yuni (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang pengalaman guru dan kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Grati / Yuni Supriyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Persepsi Pengalaman Guru Kualitas Pembelajaran Hasil Belajar Siswa Kegiatan utama dalam proses pendidikan di sekolah adalah kegiatan belajar mengajar. Siswa yang belajar diharapkan mengalami perubahan baik dalam bidang pengetahuan keterampilan nilai dan sikap yang tercermin dalam hasil belajarnya. Seorang guru berperan penting dalam proses belajar mengajar karena bagaimanapun sistem pendidikan di sekolah alat apapun yang digunakan dan bagaimanapun keadaan anak didik maka pada akhirnya tergantung pada guru di dalam memanfaatkan semua komponen yang ada. Berbagai peranan guru pengalaman guru serta kualitas pembelajaran harus bermutu sehingga proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh pengalaman guru ekonomi dan kualitas pembelajarannya dalam mengajar mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Grati. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Grati yang berjumlah 161 siswa. Sampel diambil sebanyak 80 (50 %) dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi (nilai rapot). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis persentase untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang pengalaman guru dan kualitas pembelajaran guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa serta teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial untuk mengetahui hubungan antara ketiga variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (68 75%) siswa memiliki persepsi tentang pengalaman guru ekonomi yang tergolong tinggi dan [1] [1] persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran guru ekonomi sebesar (76 25%) siswa tergolong tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan antara persepsi siswa tentang pengalaman guru dan kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Grati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan[1] (1) kepala sekolah hendaknya kepala sekolah memantau atau mengevaluasi para guru agar guru dapat meningkatkan pembelajarannya (2) guru hendaknya semua guru menambah pengalaman dalam materi dan mengajarnya serta dapat meningkatkan mutu pembelajarannya agar menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar siswa tersebut meningkat (3) siswa hendaknya siswa meningkatkan hasil belajarnya dengan belajar teratur dan bertanya apabila kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru (4) peneliti lain hendaknya penelitian ini diujicobakan ke sekolah dengan jenjang yang lebih tinggi atau di sekolah yang bertaraf internasional selain itu peneliti hendaknya meneliti persepsi dari gurunya memperhatikan instrumen yang digunakan agar setiap indikator dari masing-masing variabel dapat terwakili. Selain itu situasi dan waktu pengambilan data sebaiknya dipersiapkan dengan matang sehingga tidak akan mempengaruhi hasil yang diharapkan menambah instrumen yang digunakan seperti menggunakan pedoman wawancara atau onservasi sehingga data hasil penelitian lebih akurat mengembangkan populasi atau wilayah penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41878 |
Actions (login required)
View Item |