Bahan ajar ekonomi untuk pengembangan model pendidikan etika bisnis di SMA/MA / Roh Rahayu Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Bahan ajar ekonomi untuk pengembangan model pendidikan etika bisnis di SMA/MA / Roh Rahayu Handayani

Handayani, Roh Rahayu (2011) Bahan ajar ekonomi untuk pengembangan model pendidikan etika bisnis di SMA/MA / Roh Rahayu Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Pendidikan Etika Bisnis . Perubahan pendidikan ditekankan pada pentingnya penyesuaian orientasi pendidikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat atau pengetahuan berbasis masyarakat. Secara teori kebijakan pemerintah telah menghasilkan intstitusi pendidikan yang berkualitas berdaya saing dan relevan dengan perkembangan jaman. Namun empirisnya pendidikan sekuler cenderung membentuk pribadi yang individualis dan materialistis. Maka tak heran jika saat ini lebih banyak ditemukan manusia-manusia yang pragmatis terhadap keadaan sehingga menimbulkan krisis global yang menyentuh dimensi-dimensi intelektual moral spiritual. Oleh karena itu upaya untk meningkatkan kualitas pendidikan tidak boleh berhenti salah satunya dengan pengembangan bahan ajar untuk pengembangan pendidikan etika bisnis di SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMAN 7 Malang kelas X.1 dengan prosedur pengembangan (a) analisis latar belakang (b) analisis kurikulum (c) pembuatan perangkat pembelajaran/desain produk (d) validasi desain (e) revisi desain (f) pembuatan produk (g) uji coba produk (h) revisi produk (i) uji coba pemakaian (j) revisi akhir (k) produk akhir. Dari hasil penelitian pengembangan ini adalah seperangkat bahan ajar kelas X pada standar kompetensi memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen di sma/ma kelas x dengan kompetensi dasar (1) mendiskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi (2) mendiskripsikan circulair flow diagram (3) mendiskripsikan peran konsumen dan produsen dengan memasukan unsur-unsur pendidikan etika bisnis didalamnya. Bahan ajar ini memiliki kejelasan petunjuk kegiatan mampu menarik minat belajar siswa. Penelitian pengembangan ini memiliki kelebihan yaitu (a) Materi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan kegiatan bersifat kontekstual bahasa yang komunikatif dan tampilan atau bentuk yang menarik (berdasarkan data verbal uji guru dan siswa). (b) Kegiatan bahan ajar ini sesuai dengan minat dan kemampuan siswa bahasa yang digunakan mudah dipahami dan memberikan inspirasi bijaksana dalam tindakan ekonomi dengan pengembangan Etika bisnis.Selain beberapa kelebihan yang telah disampaikan diatas bahan ajar ini juga tidak lepas dari beberapa kelemahan yaitu (a) Bahan ajar ini hanya memuat kegiatan untuk siswa dan evaluasi siswa sehingga dalam penggunaanya guru masih perlu menyusun alat evaluasi (b) pengembangan bahan ajar ini sampai pada tahap uji coba kelompok siswa dan belum diujicobakan di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41877

Actions (login required)

View Item View Item