Soimah, Nurus (2011) Efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SMA Negeri 1 Tumpang / Nurus Soimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran berbasis masalah konvensional. Selama ini proses pembelajaran masih menganggap bahwa pengetahuan siswa diperoleh dari menghafal teori dan guru sebagai sumber utama belajar sedangkan siswa hanya bertindak pasif untuk menerima apa yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil study di SMA Negeri 1 Tumpang pembelajaran berbasis masalah jarang dilakukan. Pembelajaran yang kerap dilaksanakan adalah pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran yang didominasi oleh guru ini menyebabkan siswa kurang aktif dan mengakibatkan nilai ulangan harian kurang maksimal. Untuk itu perlu diterapkan strategi pembelajarana yang menjadikan siswa menjadi lebih bermakna. Strategi yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kontekstual tipe pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dan Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang. Populasi dari rancangan penelitian ini berjumlah 9 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari 2 kelas yang mempunyai kemampuan yang sama atau setara. Analisis data untuk kegiatan guru dan siswa menggunakan analisis prosentase sedangkan analisis hasil belajar kognitif menggunakan uji t (t-test) dan penilaian afektif dengan analisis prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL dalam penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ditinjau dari hasil uji gain score dimana tingkat siginifikansi (2-tailed) 0 000 sig ( 945 ) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara gain score kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata gain score kelas kontrol adalah 17.64 sedangkan rata-rata gain score kelompok eksperimen adalah 27.78 selisih rata-rata gain score kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 10.14. dapat kita lihat bahwa peningkatan hasil belajar ekonomi kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar ekonomi kelompok kontrol. Perbedaan rata-rata gain score inilah yang membuktikan bahwa pembelajaran problem based learning terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi (1) Metode pembelajaran kontekstual tipe pembelajaran problem based learning (PBL) sebagai alternatif dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas sehingga baik untuk diterapkan oleh guru.(2) Untuk penerapan metode pembelajaran kontekstual tipe pembelajaran problem based learning (PBL) maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar penerapan berjalan dengan lancar. (3) Penerapan metode pembelajaran kontekstual tipe pembelajaran problem based learning (PBL) hendaknya dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan agar mendapatkan hasil optimal (4) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan metode pembelajaran kontekstual tipe pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41870 |
Actions (login required)
View Item |