Penerapan startegi flipped learning untuk melatih keterampilan berbicara mahasiswa program studi pendidikan bahasa mandarin Universitas Negeri Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan startegi flipped learning untuk melatih keterampilan berbicara mahasiswa program studi pendidikan bahasa mandarin Universitas Negeri Malang

Amaliyah, Marifatul (2023) Penerapan startegi flipped learning untuk melatih keterampilan berbicara mahasiswa program studi pendidikan bahasa mandarin Universitas Negeri Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Mandarin terdapat empat keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh pebelajar. Salah satunya adalah keterampilan berbicara. Keterampilan ini berfungsi sebagai alat komunikasi antar individu untuk mengungkapkan perasaan, maksud serta tujuan pebicara. Namun, 14 dari 22 mahasiswa masih kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya dibuktikan dengan tidak bisanya mahasiswa tersebut menjawab pertanyaan seputar materi yang diberikan oleh dosen pengampu matakuliah dengan bahasa Mandarin. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti beranggapan perlunya penerapan strategi pembelajaran alternatif untuk matakuliah berbicara dengan menggunakan strategi flipped learning. Flipped learning adalah strategi pembelajaran yang membalikan kegiatan pembelajaran dengan memberikan materi serta latian soal sebagai kegiatan belajar mandiri di rumah lalu di kelas, mahasiswa akan melakukan kegiatan praktik dalam grup besar maupun individu atas materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan respons mahasiswa terhadap penerapan strategi flipped learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang Angkatan 2021 sejumlah 22 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Lembar observasi berisi 16 langkah pembelajaran yang disesuaikan dengan RPP. Lembar wawancara terdiri dari 7 butir pertanyaan terkait penerapan strategi flipped learning untuk melatih keterampilan berbicara. Selama proses pembelajaran berlangsung, mahasiswa terlihat aktif dan responsif. Strategi flipped learning dilakukan dengan metode diskusi dalam kelompok kecil, bermain peran dan tanya jawab. Strategi flipped learning membantu mahasiswa melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin karena dengan memberikan mahasiswa waktu lebih banyak untuk berlatih dan memahami materi pembelajaran secara mendalam sesuai dengan kecepatan belajar mereka sendiri. Kesalahan terbanyak terdapat dalam pelafalan konsonan bahasa Mandarin dan nada baca 声调 [shēngdiào] yang kurang tepat. Secara keseluruhan, respons mahasiswa terhadap strategi flipped learning untuk melatih keterampilan berbicara sangat baik. Strategi flipped learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran keterampilan berbicara. Kegiatan dalam strategi ini efektif dan efisien sehingga memaksimalkan proses belajar. Selain itu, strategi flipped learning juga dapat membantu mahasiswa untuk mengungkapkan pendapat dan melatih kreativitas serta keterampilan pemecahan masalah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:07
Last Modified: 27 Jul 2023 01:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item