Pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang / Dewi Purnomo Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang / Dewi Purnomo Wulan

Wulan, Dewi Purnomo (2011) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang / Dewi Purnomo Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gelombang globalisasi sedang menerpa seluruh aspek kehidupan dan penghidupan manusia perkembangan pendidikan kebudayaan perdagangan maupun kegiatan perekonomian senantiasa mengalami kemajuan. Seiring dengan perkembangan tersebut kebutuhan manusia juga mengalami peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas. Kebutuhan yang cukup banyak sering membuat manusia sulit untuk menentukan mana yang seharusnya diprioritaskan jika memungkinkan akan memenuhi keinginannya pada waktu yang bersamaan. Ekonomi adalah ilmu yang berusaha menjawab persoalan alokasi sumber-sumber yang langka guna menghasilkan komoditas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ilmu ekonomi berusaha menerangkan bagaimana manusia yang mempunyai kehendak bebas mampu diikat oleh hukum-hukum ekonomi atau dengan kata lain disebut rasional dalam ekonomi yakni suatu tujuan dicapai dengan sarana se-efisien mungkin. Disadari sepenuhnya bahwa pendidikan ekonomi disekolah dilihat dari sisi bahan ajarnya strategi pembelajarannya maupun evaluasi pencapaian tujuannya sedikit sekali yang mengarah pada pembentukan sikap untuk menjadikan peserta didik sebagai pelaku ekonomi yang efektif dan efisien. Meskipun demikian dengan melihat kenyataan bahwa pendidikan ekonomi disekolah kurang memberikan tekanan pada pembentukan dan pengembangan sikap positif sebagai manusia ekonomi yang efektif dan efisien. Anggapan yang demikian tidak semuanya benar. Diperlukan pengembangan pendidikan ekonomi dilingkungan keluarga untuk meningkatkan intensitasnya. Disadari atau tidak dalam hidup keseharian di lingkungan keluarga pada dasarnya berlangsung proses pembelajaran dari kepala keluarga terhadap anak-anaknya tentang berbagai hal yang terkait dengan aktivitas kehidupan rumah tangga termasuk aktivitas ekonomi. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut diatas maka masalah yang dibahas yaitu Bagaimana pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi untuk nilai harian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMAN 5 Malang yang berjumlah 337 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 21% dari keseluruhan populasi sebanyak 71 responden. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample dimana peneliti mengambil sampel kelas yang memiliki kemampuan rata-rata untuk mata pelajaran ekonomi. Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi mempengaruhi terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X di SMAN 5 sebesar 3 549 dengan tingkat signifikansi t 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41868

Actions (login required)

View Item View Item