Mayo, Regina (2011) Analisis tingkat kesehatan bank melalui penerapan metode Camel (studi kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk periode 2004-2008) / Regina Mayo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kesehatan Bank Metode CAMEL Peran lembaga keuangan dalam pembangunan ekonomi suatu daerah sangatlah diperlukan dalam hal ini perbankan memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi. Bank bukan hanya sebagai sumber dana bagi pihak yang membutuhkan dana dan sebagai tempat menyimpan dana bagi pihak yang kelebihan dana tetapi memiliki fungsi yang semakin meluas dari waktu ke waktu. Bank adalah suatu lembaga yang mempengaruhi perekonomian dan sebagai alat dalam melaksanakan kebijakan moneter serta sebagai penghubung yang mempengaruhi jumlah uang beredar di masyarakat. Kesehatan suatu bank merupakan modal utama dari sebuah bank karena apabila bank tersebut sehat maka kepercayaan masyarakat terhadap bank itu akan timbul dan pada akhirnya masyarakat mau untuk menyimpan uangnya di bank tersebut. Kesehatan bank dapat diukur dengan menggunakan suatu metode yaitu metode CAMEL. Masalah yang akan diteliti dengan Metode CAMEL yaitu rasio yang menyangkut kesehatan dari bank. Dengan mengolah rasio ini maka kita akan mengetahui bagaimana kesehatan bank tersebut. Metode yang digunakan dalam pengolahan ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Metode dengan perhitungan rasio yang kemudian diukur dengan nilai proporsi. Dari pengolahan dengan menggunakan metode ini maka didapatkan predikat cukup sehat dari Bank BRI. Dari periode 5 tahun sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2008 kesehatan Bank BRI berada di daerah yang aman sehingga Bank Indonesia tetap memperbolehkan Bank BRI untuk tetap melaksanakan kegiatannya bahkan memperluas daerah jangkauannya sampai ke pedesaan tetapi pengenalan sarana untuk daerah yang dianggap masih terpencil masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan Bank BRI harus dapat mempertahankan predikat yang sudah didapat dengan cara memberikan pelayanan yang tepat sehingga nasabah merasa nyaman. Diharapkan kedepannya Bank BRI dapat terus menjaga kaulitasnya dan kesehatannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41867 |
Actions (login required)
View Item |