Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Antara Yang Tinggal di Dalam Pondok Pesantren dan di Luar Pondon Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan (Studi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan oleh Moh. Luthfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Antara Yang Tinggal di Dalam Pondok Pesantren dan di Luar Pondon Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan (Studi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan oleh Moh. Luthfi

Luthfi, Moh. (2010) Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Antara Yang Tinggal di Dalam Pondok Pesantren dan di Luar Pondon Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan (Studi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan oleh Moh. Luthfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa ada bebcrapa frktor yangd apatm empengaruhdi an harus.diperhatikanb aik fahor intern maupun ii tot eltte Faktor prestasi belajar yang perlu diperhatikan jup selain lingkungank eluarga s ekolatrd an masyankat adalahl ingkunganp ondok- . p.i tti y g mJrupakan tempat tinggal dan tempat belajar para santri(siswa) ifir-uas u untunternpat tinggal para santi (siswa) sederhan4 merckatidur tanpa kasur serta tanpa meja husi gntuk belajar dan dalam satu kamax dihuni bcberapasa ntri sehinggad ibututrkank csabarand alamb elajar Panelitiani ni bertujuanu ntuk (1) mengetatrutii ngkat presAsib elajar sisway angt inggal di dalam PondokP esan enD arut Ulum di IVfadrasaAh liyah Oaruti -ltum Sa yua yar KabupatenP amekasan(.2 ) mengeAhuit ingkat prestasi belajars isway angt lnggal di luar PondokP esantrenD arul ulum di Madrasatt Aliiah Darul Utum ganyuanyarK abupatenP amekasan(.3 ) mengerahui pertedaa prestasi belajar siswa anara yang tinggal di dalam Pondok Pesantren Aaoy ungt inggal di luar PondokP esantrenD arul Ulum di MadrasahA liyah Darul Ulum BanyuanyarK abupatenP amekasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah arulU lum BanyuanyarK abupatenP amekasank elasI kelasI I dan kelasI IIsemesteIr tahunp elajaran2 0c/21200s3e banyak7 83 siswa.S ampels isway ang tnggal di pondokp esanten sebesar1 0%d arijumlatr populasis ebanyak]f 3 siswa s edangkans isway ang tinggal di luar pondokp esantens ebanyak7 1 siswa karenak urangd afi 100( seratus)m akad iambil sernua.T eknik pengumpuland ata yangd ilakukand alam penelitiani ni menggunakand okumentasi in terview dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yeng ertempatti nggat di dalam pondok pesantrend ari sampely ang adat erdapatn ilaitenendahl 15dant ertinggr1 52d cnganr 3itz-ratal3 s 7z prestasbi elajars iswa yangb ertempat ingpl di luar pondokp esantrend ari populasiy ang adat erdapet nilai tenendah 106 dan tertinggi 150 dengan rata rata 13 I 04 dan terdapat perbe.daapnr estasib elajary ang sigrifikan antaras isway ang bertempatt ingpl di dalamp ondokp esantrend an sisway ang bertempatt inggal di luar po rdok pesantrenH. al ini tcrbukti dari hasil analisisy ang dipcrolehy aitu nilai t 5 1 2 89 paaa tarafsignifikansi 5% lebih besar dibandingkan dengan nilai t uur 1 67. dsri datat ersebumt enunjukkabna hwap restasbi etajars isway angb ertempattin ggAdl I dalamp ondokp esantrelne biht inggi dibandingkandge ngans isway angt inggald I luarp ondokp esantren. Berdasarkahna silp enelitianm akad apatd ikemukakakne simpulan sebagabi rikut(l) prestasyi angb ertempattin ggald i dalamp ondokp esanten memlunyani ilai tenendahI 15d ant ertinggi1 52d enganra ta-rata1 35 72. (2) prestasyi angb ertempattin gpl di luarp ondokp esantremn cmpunyani ilai ienenOaffOr eO ante rtinggi1 50d enganra ta-rata1 31 04(.3 ) terdapapt e edaan prestasbi elajara ntaras isway angd i dalamd and i yangd i luar pondo p esnten. karenan ilai t unng2 892l ebihb esard ibandingkadne ngann ilai ourf 10Z . Sarany an dapatd isampaikadna ri hasilp enelitiuri ni sebapi berikut (l) anakd idiiagar teUitrg iat lagi dalamb elajard anb erusahma emperdalamilm u pengctahuadna nm empergunakawna ktuyanga dau ntukk egiatan kegratayann g dapat meningkatkapnr estasbi elajard enganm engikutjia m-jamt ambahayna ng suaante 4aAiA di sekotatUse rtam enaatit atat crtib yangb erlaku_badiki ykolah maupund i pondokp esanfend emik ebaikanb enama(. 2) pendidika slr fgbitt memperhatikapnr it i belajara nakd idik baiky angb ertempattin ggald i datam pond kp esantenm a rpuny aogb ertempattin ggald i luar pondokp esanfiend a n memilihm etodey angi esuaid eng4nm ateriy anga kand iberikank epadaa nak idika gar odatt dipahamis ertam emberikakna jiany angl ebihi ntensifk cpada sisway angt inggald i luarp ondokp esantente rutanam atap elajaranm uatan mU ( i. Uugo agarm inyediakans aranad anp rasaranyaa ngm emadadi emi ketancarapnr osesb elajarm engajard anm eningkatkapne ngelolaadna n pembinaaLnr hadapg uru-gurud alamk egiatanp rosesb elajarm engajaar gars iswa memperolephr estasyi angs emakinb aik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41849

Actions (login required)

View Item View Item