Hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2008/2009 / Yunita Ratna Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2008/2009 / Yunita Ratna Widyawati

Widyawati, Yunita Ratna (2009) Hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2008/2009 / Yunita Ratna Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyawati R Yunita. 2009. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si (2) Dra. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Pola Asuh Orang Tua Demokratis Prestasi Belajar Ekonomi Pola asuh orang tua merupakan model atau cara yang digunakan orang tua dalam mengasuh anaknya. Adapun pola asuh orang tua yang ada yaitu pola asuh orang tua demokratis ditandai dengan adanya pengarahan-pengarahan dari orang tua dalam musyawarah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran bagaimana pola asuh orang tua demokratis siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lawang (2)Untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang (3)Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN I Lawang yang jumlah keseluruhannya 200 siswa dan sampel 50 siswa yang ditetapkan dengan menggunakan propotional random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua yaitu pola asuh orang tua demokratis sebagai variabel X dan prestasi belajar sebagai variabel Y dalam bentuk perhitungan prosentase. Dan korelasi product moment untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan 1). Kecenderungan pola asuh orang tua demokratis pada Siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Lawang yang paling banyak yaitu Cukup . 2). Prestasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Lawang pada mata pelajaran ekonomi semester ganjil tahun ajaran 2008/ 2009 tergolong cukup baik hal ini dibuktikan dengan 40% responden memiliki nilai mata pelajaran ekonomi cukup baik. 3). Tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan dari hipotesis yang diuji ternyata model pola asuh orang tua demokratis dan prestasi belajar tidak ada hubungan yang signifikan yaitu yang dapat dilihat bahwa r hitung r tabel (0 043 0 279) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada orang tua orang tua hendaknya tidak membandingkan prestasi belajar anaknya dengan anak orang lain karena setiap anak mempunyai kemampuan bakat dan minat yang berbeda serta hendaknya dapat memberikan perhatian dan ikut berperan serta aktif dalam proses belajar anak sehingga anak bisa termotivasi untuk belajar. Kepada siswa hendaknya siswa bisa menjalankan tugas sebagai siswa dengan sebaikbaiknya yaitu belajar dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41843

Actions (login required)

View Item View Item