Satyawati, Desi (2010) Faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 dalam melanjutkan sekolah / Desi Satyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Satyawati Desi. 2009. Faktor Internal dan faktor Eksternal yang Mempengaruhi Minat Siswa Kelas IX SMPN 1 Malang Tahun Ajaran 2008/2009 Dalam Melanjutkan Sekolah. Skripsi Program Studi Ekonomi Koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo S.E. M. Pd. Ak. (II) Dr. Agung Haryono. SE. AK. MP. Kata kunci minat faktor internal faktor eksternal. Putus sekolah telah menjadi salah satu permasalahan serius yang harus segera mendapat perhatian dan penanganan yang optimal dari semua kalangan masyarakat. Putus sekolah erat keitannya dalam kegagalan belajar yang dipengaruhi berbagai faktor. Selama ini dugaan penyebab utama terjadinya putus sekolah adalah faktor ekonomi. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah. Untuk menekan angka putusnya sekolah di Indonesia salah satunya dengan wajib belajar 9 tahun. Salah satu peran penting yang harus dimiliki seorang individu (siswa) untuk dapat meningkatkan keberhasilan belajar adalah Minat. Sebab dengan minat siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat dan tekun. Tumbuhnya minat pada siswa SMPN 1 Malang kelas IX untuk melanjutkan studi ke SMAN atau SMKN dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal merupakan factor yang berasal dari dalam diri siswa yang meliputi bakat motivasi intelegensi dan keadaan jasmani. Sedangkan faktor Eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa yang meliputi lingkungan keluarga pendidikan sekolah dan masyarakat. Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh faktor internal terhadap minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang dalam melanjutkan sekolah (2). Adanya pengaruh faktor eksternal terhadap minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang dalam melanjutkan sekolah (3) Adanya pengaruh faktor internal dan eksternal secara simultan terhadap minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang dalam melanjutkan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menemukan fakta tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 dengan data yang berasal dari pengambilan angklet/kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMPN 1 Malang dan jumlah sample yang diambil sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sample secara acak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2009. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 13.0 for windows. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Deskriptif dalam bentuk persentasi untuk memperoleh gambaran tentang keadaan dalam subyekj penelitian dan analisis Inferensial yang menggunakan regresi linier berganda yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama (simultan) maupun sendiri-sendiri (parsial) antara variable bebas (X) dengan variable terikat Y ii Hasil Analisis Statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut a) Peran faktor internal terhadap minat tinggi terbukti tidak ada yang menganggap bahwa faktor internal tidak berperan dan 68 siswa (85 %) menyatakan faktor internal berperan penting dalam keputusan melanjutkan sekolah. b) Peran faktor eksternal terhadap minat tinggi terbukti tidak ada yang menganggap bahwa faktor internal tidak berperan dan 64 siswa (80 %) menyatakan faktor internal berperan penting dalam keputusan melanjutkan sekolah. c) Minat dalam melanjutkan sekolah ke SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I kelas IX termasuk dalam kategori tinggi ini terbukti 54 siswa (67 5 %) memiliki minat yang tinggi. d) Hasil dari keputusan siswa dalam memiliki minat untuk melanjutkan ke SMAN atau SMKN bahwa SMAN adalah sekolah yang paling banyak diminati siswa untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi ini terbukti dari 80 siswa 51 siswa (63 75 %) lebih memilih SMAN dan 23 75 % (19 siswa) memilih SMKN dan sisanya 10 siswa (12 50 %) masih bimbang dalam memilih sekolah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut. a) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor internal terdapat minat siswa dalam melanjutkan sekolah SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I Malang terbukti dari uji analisis parsial dengan 945 menunjukkan t hitung t tabel. b) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terdapat minat siswa dalam melanjutkan sekolah SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I Malang terbukti dari uji analisis parsial dengan 945 menunjukkan t hitung t tabel. c) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor internal dan eksternal terdapat minat siswa dalam melanjutkan sekolah SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I Malang terbukti dari uji analisis parsial dengan 945 menunjukkan f hitung f tabel . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Faktor Bakat merupakan faktor yang paling berperan dalam melanjutkan sekolah ke SMAN atau SMKN oleh siswa kelas IX SMPN 1 Malang 2) Faktor Orang tua merupakan faktor yang paling berperan dalam melanjutkan sekolah ke SMAN atau SMKN oleh siswa kelas IX SMPN 1 Malang. 3) SMAN adalah sekolah menengah atas yang paling banyak diminati oleh siswa SMPN 1 Malang kelas IX sebesar 51 siswa (63 75%) dengan alasan ingin segera melanjutkan/meneruskan ke Perguruan Tinggi dan 19 siswa lain berminat ingin melanjutkan sekolah ke SMKN dengan orientasi ingin segera mendapatkan pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan. 1) Untuk lebih meningkatkan siswa bukan hanya melibatkan untuk pengambilan keputusan dalam melanjutkan sekolah tetapi juga minat dalam belajar. 2) Untuk orang tua dan para dewan guru diharapkan terus mendampingi putra-putrinya untuk membimbing dan mendukung tumbuh kembangnya minat siswa dalam memperoleh prestasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |