Studi pemetaan profesionalisme guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri / Nurmala Indah Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemetaan profesionalisme guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri / Nurmala Indah Handayani

Handayani, Nurmala Indah (2009) Studi pemetaan profesionalisme guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri / Nurmala Indah Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indah Nurmala. H. 2008. Studi Pemetaan Profesionalisme Guru Ekonomi SMA Negeri yang telah lulus program sertifikasi Se-kediri Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Pembimbing (II) Drs.Prih Hardinto M.Si. Kata kunci Profesionalime guru ekonomi Sertifikasi guru Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia tidak kunjung menemukan hasil yang menggembirakan. Banyak faktor yang mempengaruhinya tetapi yang paling besar mempengaruhinya adalah kondisi guru. Guru memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan sangat membutuhkan guru yang berkompetensi dalam bidangnya. Misi pendidikan akan berhasil apabila dilaksanakan oleh guru yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA Negeri se-Kediri yang meliputi delapan guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi wawancara dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan tabel persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilakukan pada 8 orang guru ekonomi SMA Negeri yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri diperoleh hasil bahwa sebanyak 5 guru atau sekitar 62 5% dinyatakan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi.. Hasil observasi silabus guru juga menunjukkan hasil bahwa sebanyak 6 guru atau sekitar 75% dinyatakan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam menyusun program pembelajaran. (2) Dari hasil observasi pada 8 observan sebanyak 6 guru atau 75% memiliki tingkat profesionalisme tinggi. Hasil penelitian ini juga dapat dilihat dari hasil penskoran angket balikan siswa yaitu sebanyak 5 orang guru atau 62 5% memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. (3) Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada 8 orang guru ekonomi SMA Negeri yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri diperoleh hasil bahwa sebanyak 6 guru atau sekitar 75% dinyatakan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru ekonomi yang telah lulus sertifikasi merupakan guru yang professional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41840

Actions (login required)

View Item View Item