Analisis perilaku pedagang pasca perpindahan lokasi Pasar Dinoyo ke Merjosari / Tia Candra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perilaku pedagang pasca perpindahan lokasi Pasar Dinoyo ke Merjosari / Tia Candra Dewi

Dewi, Tia Candra (2015) Analisis perilaku pedagang pasca perpindahan lokasi Pasar Dinoyo ke Merjosari / Tia Candra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Candra Dewi Tia. 2014. Analisis Perilaku Pedagang Pasca Relokasi Pasar Dinoyo ke Merjosari. Skripsi Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (II) Dr. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div M.Si. Kata Kunci Perilaku Pedagang Relokasi Pasar. 12288 12288 12288 12288 Pada tahun 2012 pemerintah kota Malang mengadakan penataan ulang tata ruang kota. Dimana salah satunya merelokasi pasar Dinoyo. Relokasi tersebut berdampak pada seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) dimana yang paling besar merasakan dampak dari relokasi tersebut adalah pedagang. Dengan adanya perubahan lokasi pasar Dinoyo ke Merjosari banyak berpengaruh terhadap perilaku kinerja ekonomi pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perpindahan lokasi pasar Dinoyo ke Merjosari terhadap perilaku pedagang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan metode observasi serta wawancara langsung dengan pedagang di pasar Merjosari dan data sekunder yang di peroleh dari Dinas Pasar Kota Malang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perilaku pedagang yang dilihat dari kinerja ekonomi pedagang ditunjukkan oleh 5(lima) indikator yaitu jam operasional kualitas barang dagangan kuantitas barang dagangan posisi lapak dan kemudahan mencapai lokasi. Dari kelima indikator tersebut hanya ada 4 indikator yang mengalami perubahan akibat perpindahan pasar Dinoyo ke Pasar Merjosari yaitu jam operasional kuantitas posisi bedak dan kemudahan mencapai lokasi. Perubahan tersebut selanjutnya menjadi penyebab utama terjadinya kemunduran kemampuan ekonomi pedagang karena memicu kenaikan biaya dan penurunan omset penjualan. Sedangkan 1 indikator lainnyatidak mengalami perubahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perpindahan lokasi pasar tradisional dari Dinoyo ke Merjosari berdampak terhadap pola perliaku terutama dalam perilaku kinerja ekonomi pedagang. Perpindahan lokasi pasar tradisional dari Dinoyo ke Merjosari berdampak terhadap kinerja ekonomi pedagang. Dampak terhadap kinerja ekonomi pedagang tersebut dilihat dari 5 (lima) indikator yang mewakili kinerja ekonomi pedagang yaitu dari segi jam operasional kuantitas kualitas posisi bedak dan kemudahan mencapai lokasi. Dari kelima indikator tersebut ada 4 (empat) indikator yang mengalami perubahan yaitu jam operasional kuantitas posisi bedak dan kemudahan mencapai lokasi mempengaruhi kinerja ekonomi. Perubahan dari indikator yang saling berhubungan tersebut mengakibatkan turunnya omzet dan bertambahnya biaya operasional pedagang. Sehingga pendapatan pedagang menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41832

Actions (login required)

View Item View Item