Penggunaan media video pembelajaran “Li Lao Shi” untuk latihan menulis guratan hanzi bagi siswa ekstrakurikuler bahasa mandarin SMA Islam Almaarif Singosari. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media video pembelajaran “Li Lao Shi” untuk latihan menulis guratan hanzi bagi siswa ekstrakurikuler bahasa mandarin SMA Islam Almaarif Singosari.

Amelinda, Rezi Syahwa (2023) Penggunaan media video pembelajaran “Li Lao Shi” untuk latihan menulis guratan hanzi bagi siswa ekstrakurikuler bahasa mandarin SMA Islam Almaarif Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa ekstrakurikuler bahasa Mandarin kelas XI SMA Islam Al Maarif Singosari masih kurang memahami cara menulis aksara Mandarin 汉字 [hànzì] sesuai urutan guratan yang benar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media video pembelajaran “Li Lao Shi” untuk latihan menulis guratan hànzì dan mendeskripsikan respons siswa ekstrakurikuler bahasa Mandarin kelas XI terhadap penggunaan media video pembelajaran “Li Lao Shi”. Chanel YouTube “Li Lao shi” dipilih untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Mandarin di SMA Islam Al Ma’arif, karena Chanel YouTube tersebut memiliki konten yang cukup beragam, yang berhubungan dengan materi pembelajaran percakapan, radikal dalam bahasa Mandarin, cara membaca, dan mengenal dasar bahasa Mandarin, serta terdapat video latihan beserta pembahasan jawaban untuk melatih kemampuan bahasa Mandarin. Dalam video Chanel YouTube “Li Lao shi” terdapat animasi video yang disertai tulisan hànzì, pīnyīn, cara membaca hànzì, dan terjemahan bahasa Indonesia. Chanel YouTube “Li Lao shi” juga dilengkapi dengan tutorial menulis hànzì, sehingga siswa dapat mempelajari cara menulis hànzì dengan baik dan sesuai dengan urutan guratan yang benar. Chanel YouTube “Li Lao shi” juga secara konsisten membagikan video pembelajaran bahasa Mandarin setiap minggunya, sehingga siswa dapat mengakses video tersebut secara mandiri, dan dapat mengakses di manapun dan kapanpun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan lembar angket. Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan pembelajaran berlangsung lancar sesuai dengan langkah-langkah di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Video pembelajaran “Li Lao Shi” dapat digunakan untuk latihan menulis guratan hànzì, karena dari hasil latihan dapat diketahui, bahwa sebagian besar siswa dapat menulis hànzì dengan benar sesuai urutan guratan. Menurut siswa, video pembelajaran “Li Lao Shi” memiliki tampilan animasi dan gambar yang menarik, selain itu suara dan pelafalan bahasa Mandarin terdengar dengan jelas sehingga siswa dapat memahami materi yang terdapat di dalam video dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:02
Last Modified: 27 Jul 2023 03:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item