Widyasari, Sesilia (2021) Pengembangan buku panduan berbasis flipbook pada model pembelajaran blended learning di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Malang Raya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Buku panduan berbasis digital yang diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat mendekati ketercapaian dari tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru dan dalam bentuk digital sehingga mudah untuk digunakan dan dibagikan dimanapun dan kapanpun. Maka dari itu peneliti ingin menegmbangkan buku panduan dengan judul “Pengembangan Buku Panduan Berbasis Flipbook Pada Model Pembelajaran Blended Learning di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)”. Adanya penelitian dan pengembangan ini, peneliti dan guru dapat mengetahui apakah Blended Learning paling cocok untuk kelas anak usia dininya atau tidak. Penelitian dan hasil akan membantu menentukan apakah buku panduan model Blended Learning perlu digunakan untuk setiap pelaksanaan pembelajaran saat menggunakan model blended learning. Langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam pengembangan buku panduan untuk guru ini adalah menggunakan modifikasi rancangan penelitian dengan langkah-langkah tersebut antara lain potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produk final. Teknik pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa buku panduan berbasis flipbook tentang model Blended Learning layak digunakan guru PAUD berdasarkan perolehan data rata-rata persentase dari ahli materi 90% kriteria sangat layak dan ahli media 89% kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru pada uji coba lapangan skala kecil 89% kriteria sangat baik dan 91% kriteria sangat baik pada uji coba lapangan skala besar. Rata-rata persentase dari kedua uji coba lapangan diperoleh 90% kriteria sangat baik. Penelitian selanjutnya mengembangkan penelitian ini dengan mengembangkan buku panduan tentang model Blended Learning lebih mendalam dari segi materi, lebih menarik dari segi desain, dan lebih canggih dari segi teknologi. Saran bagi sekolah disarankan untuk memberikan pelatihan kepada guru agar dapat meningkatkan skill mengajar, menyusun rancangan pembelajaran, dan menyusun latihan soal dengan memanfaatkan beberapa teknologi juga. Saran pemerintah juga diharapkan dapat mendukung dalam pelaksanaannya pembelajaran dengan pemanfaaatan teknologi yang memuat materi dengan mendekati kebutuhan dari dunia Pendidikan khususnya PAUD. Bagi sekolah disarankan untuk memberikan pelatihan kepada guru agar dapat meningkatkan skill mengajar, menyusun rancangan pembelajaran, dan melakukan penilaian dengan memanfaatkan beberapa teknologi yang terus berkembang. Selain itu, diharapkan guru-guru dapat mengembangkan buku panduan ini menjad
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4173 |
Actions (login required)
View Item |