Pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Jajar I Wates Kabupaten Kediri / Hendra Sasworo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Jajar I Wates Kabupaten Kediri / Hendra Sasworo

Sasworo, Hendra (2013) Pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Jajar I Wates Kabupaten Kediri / Hendra Sasworo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sasworo Hendra. 2013.Pengembangan Media Permainan Monopoli Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Jajar I Wates Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Imu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd. (II) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Permainan Monopoli Bahasa Inggris Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian anak-anak yang masih duduk di bangku kelas IV di SDN Jajar I dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Inggris minat belajarnya masih lemah. Hal itu dikarenakan antara lain strategi pembelajaran guru yang terlalu monoton. Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD guru dapat menggunakan teknik bermain. Dengan menggunakan teknik bermain diharapkan dapat memunculkan minat dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas IV SD dalam penyampaian materi dengan media yang sesuai. Salah satunya adalah media permainan monopoli dalam pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan media monopoli ini menghasilkan media monopoli yang layak kualitas teknis memadai yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam mengembangkan media monopoli pengembang menggunakan model Sadiman dan Sugiyono yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan materi (4) perumusan alat pengukuran keberhasilan (5) perancangan desain media monopoli (6) produksi (7) validasi (8) revisi (9) produksi siap dimanfaatkan. Hasil produk dari kegiatan pengembangan ini berupa seperangkat permainan monopoli yang terdiri dari (1) buku pemanfaatan (2) lembar permainan (3) buku aturan permainan (4) dadu (5) pion (6) kartu ingin tahu (7) kartu point. Hasil uji coba pengembangan media permainan monopoli pada ahli media sebesar 82 14% kriteria valid. Pada ahli materi sebesar 82 5% kriteria valid. Sedangkan data hasil uji coba audiens perorangan sebesar 87 5% kriteria valid. Uji coba audiens kelompok sebesar 85 3% kriteria valid. Uji coba audiens lapangan sebesar 91 13% kriteria valid. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 18%. Dengan demikian secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk dan peningkatan hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam kriteria valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas IV SD. Saran untuk pengembang berikutnya pada saat pengembangan ukuran media betul-betul disesuaikan dengan pengguna secara berkelompok agar tidak mengalami kesulitan pada saat pemanfaatan. Dalam pemanfaatan media monopoli untuk guru dan siswa sebelum bermain hendaknya membaca/mendengarkan aturan-aturan sehingga lancar dalam memainkan media monopoli tersebut. Sebagai tindak lanjut kepala sekolah dapat menggunakan media monopoli sebagai salah satu pengadaan dan pengelolaan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item