Pengembangan permainan sensory path untuk stimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sensory path untuk stimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun

Putri, Nabila Mutia Farhana (2023) Pengembangan permainan sensory path untuk stimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fisik motorik dikatakan sebagai tolak ukur pertama dalam melihat tumbuh kembang yang baik pada anak usia dini dengan memberikan rancangan terus menerus (Fitriani, 2018). Perkembangan fisik motorik dapat diamati melalui panca indera untuk mengetahui perkembangan fisik anak dan pemberian stimulasi sebagai cara untuk membantu anak berkembang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mengenai kegiatan menstimulasi kemampuan fisik motorik kasar anak di tiga lembaga TK yaitu TK Al Husna Malang, Tk Muslimat NU 37 Malang dan TK Zam-Zam Malang yaitu memiliki kesamaan dalam kegiatan stimulasi kemampuan fisik motorik kasar anak yaitu dilaksanakan melalui kegiatan olahraga. Pembelajaran ataupun kegiatan fisik motorik kasar dari ketiga lembaga TK tersebut adalah cukup baik yaitu kegiatan dilakukan pada saat olahraga. Pada ketiga lembaga TK tersebut belum pernah menggunakan sebuah permainan untuk pembelajaran stimulasi kemampuan fisik motorik kasar anak. Sementara itu, salah satu cara yang dapat menstimulasi kemampuan fisik motorik kasar anak yaitu melalui sebuah permainan. Berkaitan dengan permasalahan di atas, maka dilakukanlah penelitian “Pengembangan Permainan Sensory Path Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun”. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan permainan sensory path yang diuju kelayakannya oleh para ahli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan prosedur pengembangan yang disintesis oleh Pramono (2019). Prosedur pengembangnya terdiri dari : (1) melakukan analisis kebutuhan; (2) mengidentifikasi permainan sensory path; (3) mengembangan model awal permainan sensory path; (4) melakukan uji coba ahli; (5) melakukan uji coba skala kecil; dan (6) melakukan uji coba skala besar. Lembar validasi dari ahli materi, ahli permainan dan ahli pengguna (guru) digunakan sebagai instrument pengumpulan data yang kemudian dianalisis menggunakan skala linkert. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, diketahui bahwa tingkat kelayakan permainan sensory path yang dikembangkan sebesar 90%. Selain itu penilaian dengan menggunakan kuesioner, ahli materi juga memberikan penilaian dalam bentuk komentar dan saran untuk menjelaskan lebih detai tentang permainan sensory path dalam buku panduan, menambahkan aturan gerak agar lebih mudah dipahami anak dan mengemas permainan agar lebih praktis. Berdasarkan hasil validasi ahli permainan, diketahui bahwa tingkat kelayakan permainan sensory path yang dikembangkan sebesar 96%. Selain penilain melalui lembar kuesioner, ahli permainan memberikan komentar dan saran yaitu permainan ini sangat menarik bagi anak dan jarang digunakan sekolah. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dengan subjek sebanyak 10 anak yang dipilih secara acak pada satu lembaga pendidikan dan mendapatkan hasil bahwa tingkat kelayakan permainan sensory path yang dikembangkan sebesar 90%. Tahap selanjunya berdasarkan hasil uji coba kelompok besar dengan subjek sebanyak 55 anak pada tiga lembaga pendidikan dan mendapatkan hasil bahwa tingkat kelayakan permainan sensory path yang kembangkan sebesar 96%. Hasil dari uji coba kelompok kecil ke kelompok besar mengalami peningkatan 6%. Hasil penelitian menujukkan bahwa permainan sensory path sangat layak dikembangkan dilihat dari perentase nilai sebesar 90% oleh ahli materi, 96% oleh ahli permainan, ahli pengguna kelompok kecil 90% dan ahli pengguna kelompok besar 96%. Berdasarkan skala linkert rata-rata yang diperoleh dari para ahli semua hasilnya >80% sehingga dapat dikatakan bahwa pengembangan permainan sensory path termasuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:10
Last Modified: 26 Jul 2023 08:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item