Pengembangan permainan sirkuit various challenge Untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit various challenge Untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun

Rizqia, Salsabila (2023) Pengembangan permainan sirkuit various challenge Untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah permainan sirkuit various challenge. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk alernatif pembelajaran fisik motorik yang mampu melatih dan menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia 4-5 tahun pada aspek kekuatan, koordinasi, kelincahan, ketepatan, dan keseimbangan. Permainan sirkuit various challenge ditinjau dari aspek keefektifan, keefisienan, dan kemenarikan pada permainan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Develompment (R&D) yang mana menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah, yaitu: 1) analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Data pada penelitian dan pengembangan permainan sirkuit various challenge diperoleh dari validasi ahli perkembangan fisik motorik, ahli permainan anak usia dini, ahli pengguna, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar observasi yang memiliki kisi-kisi pada setiap penilaian. Hasil dari validasi ahli perkembangan fisik motorik kasar menunjukkan nilai 90,0, validasi ahli permainan anak usia dini yaitu 92,5, validasi ahli pengguna yaitu 93,7. Hal ini dapat disimpulkan permainan sirkuit various challenge menurut para ahli adalah sangat valid dan dapat digunakan. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh data: 1) 86,97 efektif digunakan oleh anak, 2) 94,92 efisien digunakan oleh anak, dan 3) 98,17 menarik bagi anak. Pada uji coba kelompok besar diperoleh data: 1) 93,95 efektif digunakan oleh anak, 2) 98,60 efisien digunakan oleh anak, dan 3) 98,87 menarik bagi anak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit various challenge sangat valid dan dapat dipergunakan untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:51
Last Modified: 26 Jul 2023 01:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item View Item