Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di SDN se-kecamatan Bojonegoro / Isti Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di SDN se-kecamatan Bojonegoro / Isti Novianti

Isti (2010) Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di SDN se-kecamatan Bojonegoro / Isti Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novianti Isti. 2009. Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Di SDN Se-Kecamatan Bojonegoro. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sultoni M.Pd (2) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. Kata kunci kinerja kepala sekolah faktor-faktor yang mempengaruhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara-negara maju sangat pesat dalam melakukan perubahan. Begitu juga dalam mengubah pola pikir masyarakat hal ini mengakibatkan program pendidikan dan pengajaran lebih ketinggalan bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat sehingga masalah tersebut menjadi tantangan bagi penyelenggaraan pendidikan agar tidak statis dalam menambah wawasan dari berpikir dinamis untuk menghasilkan tamatan yang berkualitas. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional pembangunan di bidang pendidikan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam menghadapi era globalisasi kepala sekolah sebagai pemimpin suatu lembaga pendidikan diharuskan mempunyai kinerja yang berkualitas mempunyai jiwa pemimpin dan mempunyai wawasan yang luas. Selain kamampuan dan keterampilan yang harus dimiliki kepala sekolah sebagai pemimpin di dalam suatu lembaga sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Dengan demikian fungsi kepemimpinan harus digunakan sebaik mungkin guna meningkatkan kinerja sekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa tinggi kinerja kepala sekolah sebagai supervisor di SDN se-Kecamatan Bojonegoro (2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah sebagai supervisor di SDN se-Kecamatan Bojonegoro (3) faktor apakah yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah sebagai supervisor Di SDN Se-Kecamatan Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kinerja kepala sekolah sebagai supervisor di SDN se-Kecamatan Bojonegoro (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah sebagai supervisor di SDN se-Kecamatan Bojonegoro (3) menemukan faktor yang paling dominan diantara faktor yang mempengaruhi kinerja kepala sebagai supervisor Di SDN Se-Kecamatan Bojonegoro. Penelitian ini dirancang menggunakan metode analisis faktor eksploratorik menurut Suryanto dalam Setyadin (2005 2) analisis faktor merupakan kajian mengenai kesaling-tergantungan antara variabel-variabel dengan tujuan untuk menemukan himpunan variabel baru yang lebih sedikit jumlahnya daripada variabel semula dan yang menunjukkan mana di antara variabel-variabel semula itu merupakan faktor-faktor perseku-tuan . Metode ini bertujuan menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi faktor-faktor yang telah ada. Populasi penelitian adalah kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Bojonegoro yang berjumlah 456 orang. Sampel penelitian berjumlah 108 kepala sekolah dan guru yang berpedoman pada keterwakilan anggota populasi sehingga diupayakan dapat menggambarkan keadaan populasi yang sebenarnya. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan rumus Sample Formula Slovin.yaitu pengambilan sampel secara acak dan penyebaran angket sesuai dengan jumlah sampel yang telah ditentukan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 43 butir untuk guru dan 32 butir untuk kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis deskriptif menggunakan program komputer SPSS (SPSS (Statistical Pruduct and Service Solution) version 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah sebagai Supervisor di SDN se-Kecamatan Bojonegoro termasuk dalam kategori tinggi atau baik. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor baru yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah sebagai supervisor yaitu (1) faktor organisasional diantaranya adalah sumber daya manusia sumber daya keuangan sumber daya material sumber daya mesin pengawas kepala diknas gaji tunjangan kejujuran menambah wawasan (2) faktor psikologis diantaranya adalah deskripsi pekerjaan penilaian rekan kerja penilaian pengawas sikap baik sikap ramah sikap sopan percaya diri ikut serta dalam pelatihan (3) faktor kemampuan diantaranya adalah fisik tingkat sosial umur struktur organisasi rancangan tugas penilaian guru/karyawan ikut serta dalam pertemuan kelompok MGMP/MKKS organisasi latihan dan minat (4) faktor individual diantaranya adalah mental keluarga asal-usul jenis kelamin berjiwa besar. Kelompok faktor organisasional merupakan faktor paling dominan untuk menggambarkan tentang faktor yang mempengaruhi kinerja kepala SDN se-Kecamatan Bojonegoro. Saran penelitian yang dikemukakan oleh penulis bahwa hasil dapat dijadikan referensi dan bahan masukan bagi peningkatan kinerjanya dalam mengelola dan memimpin sekolah dengan selalu mengedepankan peningkatan mutu pendidikan. Kegunaan penelitian tersebut ditujukan (1) bagi Dinas Pendidikan diharapkan menjadi salah satu bahan masukan dalam penyusunan dan pelaksanaan pedoman pembinaan bagi tenaga kependidikan khususnya kepala sekolah (2) bagi pihak program studi di Perguruan Tinggi Negeri dijadikan sebagai gambaran ataupun referensi bagi jurusan tentang kinerja kepala sekolah dan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memberikan motivasi kepada kepala sekolah dengan cara mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepala sekolah terutama di daerah agar tugas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dijalankan dengan baik dan penuh semangat untuk memperoleh hasil kerja yang efektif dan efisien (3) bagi peneliti laian hendaknya melakukan kajian terhadap penelitian dengan cara menguji kebenaran hasil penelitian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa apabila ternyata faktor-faktor tersebut benar-benar faktor yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah sebagai supervisor di SDN se-Kecamatan Bojonegoro maka sepatutnya menempatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi yang menambah wawasan teori faktor kinerja. Sebaliknya apabila ternyata faktor-faktor tersebut tidak benar maka sebaiknya disanggah dengan mengemukakan teori baru atau teori lainnya sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item View Item