Efektivitas pengelolaan dana desa di Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri / Nur Aini Ma'rifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pengelolaan dana desa di Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri / Nur Aini Ma'rifah

Ma'rifah, Nur Aini (2018) Efektivitas pengelolaan dana desa di Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri / Nur Aini Ma'rifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Atikasari Devi. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pendapatan Petani Kentang Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi. Program S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakutas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Sugeng Hadi Utomo M.S. Kata Kunci Petani Kentang Kondisi pertanian Pendapatan Peran Pemerintah Sumberbrantas merupakan sebuah Desa di Kecamatan Bumiaji Kota Batu dimana wilyahnya yang subur dikelilingi oleh pegunungan. Berada pada ketinggian 1400-1700 diatas permukaan laut menjadikan Desa Sumberbrantas sebagai penghasil kentang dengan kualitas terbaik. Dengan kondisi tersebut berdampak pada pendapatan petani terutama petani kentang di Desa Sumberbrantas. Pendapatan petani tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti modal tenaga kerja luas lahan kondisi alam dan peran pemerintah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi pendapatan petani kentang desa Sumberbrantas kecamatan Bumiaji Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Populasi penelitian ini adalah petani kentang Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling . Penelitian ini dilakukan di Desa Sumberbrantas kantor Desa dan Dinas pertanian dengan mewawancarai 5 petani kentang sebagai informan 1 perangkat Desa Sumberbrantas dan 1 Kabid Dinas Pertanian kota Batu informan kunci. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kondisi pertanian Desa Sumberbrantas dilihat dari keadaan alam luas lahan tenaga kerja jumlah produksi dan biaya produksi mempengaruhi pendapatan petani kentang Desa Sumberbrantas. Serta keunggulan dari pertanian kentang Desa Sumberbrantas yang memiliki tanah yang subur memberikan keuntungan dalam meningkatkan pendapatan petani kentang sendiri. Untuk kelemahan yang dihadapi pertanian kentang Desa Sumberbrantas seperti kondisi alam yang tidak menentu dan tingkat teknologi sumber daya manusia informasi yang kurang berpengaruh pada tingkat produktivitas. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan oleh petani kentang dengan program dan bantuan yang dijalankan dalam peningkatan pendapatan petani kentang Desa Sumberbrantas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41523

Actions (login required)

View Item View Item