Analisis potensi wilayah dalam pengembangan kawasan agropolitan sebagai penentuan strategi pembangunan Kabupaten Malang / Rahmat Pria Adhi Prabawa

Prabawa, Rahmat Pria Adhi (2015) Analisis potensi wilayah dalam pengembangan kawasan agropolitan sebagai penentuan strategi pembangunan Kabupaten Malang / Rahmat Pria Adhi Prabawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabawa, Rahmat Pria Adhi. 2014. Analisis Potensi Wilayah Dalam Pengembangan Kawasan Agropolitan Sebagai Penentuan Strategi Pembangunan Kabupaten Malang. Program S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec, (II) Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd Kata kunci: Potensi Wilayah, Kawasan Agropolitan, Strategi Pembangunan. Keberhasilan pembangunan identik dengan terciptanya laju pertumbuhan perekonomian yang tinggi. Dimana alat yang digunakan sebagai motor penggeraknya adalah mesin-mesin industrialisasi terutama di kawasan-kawasan perkotaan. Kondisi ini akan berakibat pada kesenjangan yang semakin lebar antara pembangunan daerah dengan alat industri dan pembangunan daerah dengan alat sumber daya alam yang diimplementasikan sebagai kawasan agropolitan, tentu saja setiap pembangunan pada setiap daerah dipengaruhi karena sektor-sektor strategis yang hanya akan dimiliki oleh sebagian wilayah dan sumber daya manusianya. Kabupaten malang adalah salah satu daerah yang memiliki sumber daya alam dan mempunyai potensi dalam pengembangan kawasan agropolitan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Apasaja sektor unggulan Kabupaten Malang? (2) Bagaimana potensi wilayah (Shift Share) kawasan agropolitan di Kabupaten Malang? (3) Bagaimana strategi pembangunan dan pengembangan yang dilakukan pada sektor agropolitan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian berkaitan dengan beberapa lembaga/instansi yang ada di Kabupaten Malang yaitu Badan Pusat Statistik, dan BAPPEDA Kabupaten Malang dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini meneliti angka PDRB Kabupaten Malang selama 5 tahun, yakni dari tahun 2007 sampai tahun 2011. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Dari perhitungan LQ ditemukan 3 sektor unggulan yaitu pertanian, pertambangan dan jasa-jasa. (2) Dari perhitungan Shift Share dapat dilihat potensi tiap-tiap sektor basis, yakni sektor pertanian dan jasa-jasa memiliki nilai Proportional Shift negatif dan pertambangan nilai positif, sedangkan nilai Differential Shift pertanian dan jasa-jasa negatif dan pertambangan menghasilkan nilai negatif. (3) Dalam perumusan strategi yang telah ditentukan oleh pemerintah Kabupaten Malang, merekomendasikan dan mengkonsentrasikan kegiatan ke dalam bidang peningkatan produksi komoditas unggulan pertanian dan pengembangan kawasan agropolitan, hal ini sangat relevan dengan hasil perhitungan Shift Share, dimana sektor pertanian LQ>1 dan nilai Dufferential Shift menunjukkan nilai yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41517

Actions (login required)

View Item View Item