Penerapan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Tenggarang dan SMAN 2 Bondowoso / Inayah Swasti Ratih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Tenggarang dan SMAN 2 Bondowoso / Inayah Swasti Ratih

Ratih, Inayah Swasti (2015) Penerapan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Tenggarang dan SMAN 2 Bondowoso / Inayah Swasti Ratih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratih Inayah Swasti. 2015. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Tenggarang Dan SMAN 2 Bondowoso. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak. (II) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Penerapan Kurikulum Kurikulum 2013 Pembelajaran Ekonomi Pendidikan merupakan kunci utama dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia. Acuan pelaksanaan pendidikan membutuhkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan jaman. Kurikulum 2013 dibentuk untuk mencetak siswa yang memiliki daya saing yang tinggi guna menghadapi era global dengan menekankan pembelajaranya pada pemberian pengalaman belajar seluas-luasnya memiliki sikap kemampuan keterampilan yang sesuai standar yang telah ditentukan. Kurikulum 2013 diterapkan sejak tahun ajaran 2013/2014 dengan dilaksanakan oleh sekolah pilihan atau sekolah uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekonomi menggunakan kurikulum 2013 dari perencanaan pembelajarannya hingga proses pembelajaran dan mencari tahu tentang faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaannya. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 1 Tenggarang SMAN 2 Bondowoso dikarenakan kedua sekolah negeri tersebut merupakan pilot project dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Pada saat penelitian sekolah telah melaksanakan kurikulum 2013 pada tahun kedua. Subjek penelitian ini merupakan guru-guru ekonomi di sekolah yang menjadi lokasi penelitian. Dalam penelitian ini peneliti merupakan key instrumen yang terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian untuk mengumpulkan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Dalam pengabsahan data peneliti menggunakan uji triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran ekonomi sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah sesuai dengan konsep dan tujuan kurikulum 2013. Guru membuat segala bentuk perencanaan pembelajaran yakni silabus dan RPP disesuaikan dengan kondisi siswa dan sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan perencanaan yang telah dibuat meskipun tidak selalu sesuai rencana dikarenakan beberapa hal yang menghambat pelaksanaan. Evaluasi pembelajar juga disesuaikan dengan metode dan kompetensi yang sedang dipelajari. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 yakni 1) keberagaman kemampuan siswa 2) terdapat dua kurikulum yang berbeda 3) kegiatan non-akademis sekolah 4) penilaian hasil dan proses dengan jumlah siswa yang cukup banyak 5) keterbatasan jumlah buku siswa dari pemerintah 6) fasilitas sekolah yang kurang mendukung 7) banyak dan lamanya beban belajar siswa 8) konversi nilai 9) kurikulum 2013 yang kurang siap . Namun disamping terdapat faktor pendukung pelaksanaan kurikulum 2013 yakni 1) kesiapan guru dan kesiapan siswa 2) sarana dan prasarana sekolah yang mendukung 3) sumber belajar yang bervariasi 4) materi pelajaran ekonomi yang mudah dimengerti oleh siswa 5) peran kepala sekolah guru dan pemerintah yang membantu sosialisasi dan pelaksanaan kurikulum 2013. Dari hasil penelitian pada dasarnya faktor penghambat yang di rasakan oleh guru bisa di minimalisir jika semua pihak yakni guru siswa kepala sekolah sekolah dan dinas pendidikan mau bekerjasama dengan baik dalam penerapan kuriulum 2013. Selain itu guru juga bisa menggunakan dan memanfaatkan waktu yang sudah sesuai standar dengan metode belajar yang efektif dan efisien. Sehingga tidak ada masalah yang menghambat penerapan kurikulum 2013 dan tujuan pembelajaran akan tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41514

Actions (login required)

View Item View Item