Analisis pengangguran, PDRB, IPM terhadap kemiskinan di Jawa Timur 2008-2012 / Yuli Dahliana Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengangguran, PDRB, IPM terhadap kemiskinan di Jawa Timur 2008-2012 / Yuli Dahliana Kartika

Kartika, Yuli Dahliana (2015) Analisis pengangguran, PDRB, IPM terhadap kemiskinan di Jawa Timur 2008-2012 / Yuli Dahliana Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK D Kartika Yuli. 2015. Analisis Pengangguran PDRB IPM terhadap Kemisikinan di Jawa Timur 2008 - 2012. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. (II) Dr. Agung Haryono S.E M.P. Ak Kata kunci Pengangguran PDRB IPM Kemiskinan Kemiskinan merupakan masalah yang sangat kompleks maka dari itu upaya menekan dan menuntaskan kemiskianan mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat yang harus dilakukan secara bersama-sama agar mendapatkan hasil yang optimal. Pengangguran merupakan salah satu masalah yang berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kemiskinan. Ada berbagai faktor yang dapat mengurangi kemiskinan yaitu kesehatan serta pendidikan yang termasuk dalam indikator IPM serta IPM merupakan cerminan dari kualitas sumber daya manusia. Bukan hanya IPM saja yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan namun ada juga PDRB perkapita. Meningkatnya PDRB perkapita dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang ada. Provinsi Jawa Timur memiliki 29 Kabupaten dan 9 Kota Jawa Timur memiliki jumlah penduduk banyak tak munutup kemungkinan jumlah kemiskinan di Jawa Timur tinggi. Didaerah Jawa Timur juga merupakan kawasan industri yang berkembang pesat seperti daerah Kediri Sidoarjo Surabaya dan Malang hal ini dapat diharapkan dapat menurunkan tingkat kemiskinan yang ada. Kemudian daerah Jawa Timur juga memiliki Kota Malang yang memiliki banyak sekali perguruan tinggi yang diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang produktif dan dapat menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengangguran PDRB perkapita dan IPM sebagai variabel indepen dan kemiskinan sebagai variabel dependennya. Jenis penelelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan menganalisis panel data menggunakan pengolahan data program eviews 6. Panel data adalah kombinasi time-series data dan cross-section data. Data time-series dari tahun 2008-2012 dan data cross-section dari 29 Kabupaten dan 9 Kota di Jawa Timur. Dengan menggunakan eviews 6 didapatkan nilai koefisien parameter masing-masing variabel nilai R-squere uji keseluruhan (uji F) dan uji signifikasi baik masing-masing variabel (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengangguran dan PDRB Perkapita berpengaruh positif terhadap kemiskinan sedangkan IPM berpengaruh negatif terhadap kemiskinan di Jawa Timur. Secara simultan Pengangguran PDRB dan IPM berpengaruh tarhadap Kemiskinan. Koefisien determinasinya sebesar 99%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41504

Actions (login required)

View Item View Item