Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif susunan bumi untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri / Nicho Hanggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif susunan bumi untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri / Nicho Hanggara

Hanggara, Nicho (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif susunan bumi untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri / Nicho Hanggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia interaktif Susunan Bumi Pembelajaran di SDN I Kandat masih menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab. Adanya media komputer belum dijalankan dengan sepenuhnya karena kurangnya pengetahuan tentang media pembelajaran oleh sebab itu penulis ingin mengembangkan multimedia interaktif yang bertujuan untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan pada saat penyampaian materi berlangsung guru kurang atau tidak memanfaatkan sumber belajar secara optimal. Diantaranya guru dalam menyampaikan pengajaran sering mengabaikan penggunaan media padahal media itu berfungsi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pada gilirannya akan meningkatkan mutu hasil belajar siswa Permasalahan siswa kelas V adalah dalam kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya siswa lebih banyak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru hal tersebut menyebabkan siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru seperti siswa kurang dapat hafal lapisan lapisan pelindung bumi susunan bumi dan proses awal terjadinya bumi. Tujuan pengembangan ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kemudahan siswa dalam pemahaman materi motifasi dan ketertarikan dalam mengikuti pelajaran setelah menggunanakan multimedia interaktif. (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan produk dari segi sistem aplikasi desain dan konten menurut ahli materi dan ahli media. Penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa hasil analisis data multimedia interaktif dapat dikelompokan menjadi tiga kriteria yaitu analisis system aplikasi analisis desain dan analisis konten. Menurut ahli media bapak Henry Praherdhiono S.Si dari segi sistem aplikasi (100%) layak digunakan desain (75%) layak digunakan dan konten (75%) layak digunakan. Menurut ahli materi ibu Muntati in S.Pd dari segi system aplikasi (75%) layak digunakan desain (75%) layak digunakan dan konten (100%) layak digunakan. Menurut tanggapan siswa dari segi system aplikasi (96%) layak digunakan desain (94%) layak digunakan. Saran dari pengembang multimedia interaktif ini dari ahli media dan ahli materi adalah (1) cover (CD) depan agar lebih jelas bentuk bagian bumi hindari ganguan visual berupa tulisan yang tidak perlu (2) animasinya dibuat lebih menarik lagi. Pengembang menyarankan dengan adanya pengembangan multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan alternatif pembelajaran untuk pelajaran lain yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa hasil belajar siswa sesudah menggunakan multimedia interaktif lebih baik dari pada sebelum menggunakan multimedia interaktif hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan multimedia interaktif cukup dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara menyeluruh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif sangat efektif digunakan dalam pembelajaran siswa. Bagi pihak sekolah hendaknya dapat lebih meningkatkan lagi pengadaan sarana pembelajaran interaktif menggunakan media ini (baik secara materiil maupun immateriil) karena telah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa serta membentuk sikap dan perilaku belajar siswa dalam rangka situasi belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item