Analisis strategi pengembangan usaha mebel pada sentra industri di Desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro / Aditya Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi pengembangan usaha mebel pada sentra industri di Desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro / Aditya Rahman

Rahman, Aditya (2015) Analisis strategi pengembangan usaha mebel pada sentra industri di Desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro / Aditya Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahman Aditya. 2015. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mebel pada Sentra Industri di Desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Farida Rahmawati S.E. M.E. (II) Dr. Lisa Rokhmani S.E. M.Si. Kata Kunci Strategi Pengembangan Usaha Sentra Industri Kabupaten Bojonegoro menyimpan banyak potensi unggulan salah satunya adalah kayu jati. Potensi ini diolah para pengusaha yang terdapat di sentra industri kerajinan mebel dan ukir di Desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro. Terdapatnya jenis kayu dengan kualitas baik menjadi keunggulan sendiri untuk sentra industri mebel di Desa Sukorejo. Semakin banyak pengusaha mebel tentunya akan semakin banyak bahan baku yang akan dibutuhkan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah semakin langka bahan baku modal dari para pengusaha tenaga kerja teknologi dan pemasaran. Terkait dengan permasalahan yang dihadapi para pengusaha mebel dalam menjalankan usahanya tentu ada strategi yang digunakan para pengusaha mebel untuk mengembangkan usahanya. Fokus penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan para pengusaha mebel dalam mengembangkan usaha dan peran pemerintah dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha industri mebel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif untuk memperoleh data yang mendalam dari subyek penelitian dengan memakai catatan-catatan dokumentasi foto arsip dan rekaman wawancara. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengaan jenis studi kasus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengusaha mebel di sentra industri Desa Sukorejo mengalami masalah pada bahan baku yang semakin susah didapatkan harga bahan baku yang cenderung naik akibat kelangkaan bahan baku pemasaran produk yang masih minim dan modal yang dimiliki pengusaha untuk mengembangkan usahanya serta teknologi yang kurang memadai. Upaya yang dilakukan oleh para pengusaha antara lain menggunakan bahan baku dari jenis lain akibat kelangkaan bahan baku miminjam modal ke koperasi untuk menutupi kekurangan menggunakan UPT dari DISPERINDAG Bojonegoro yang menyediakan teknologi yang dibutuhkan para pengusaha mengikuti pelatihan dan pembinaan yang diadakan DISPERINDAG Bojonegoro serta mengikuti pameran mebel dan memasukan ke showroom mebel untuk pemasaran. Saran untuk pengusaha atau pengrajin industri mebel di Desa Sukorejo adalah harus berani menciptakan produk dari bahan baku yang lainnya. Lebih berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan hal baru dari bahan baku lain agar tetap diminati oleh konsumen walaupun memakai bahan baku yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41499

Actions (login required)

View Item View Item