Analisis makna sistem tanggung renteng bagi pengurus dan anggota koperasi pada Koperasi Setia Budi Wanita di Kota Malang / Tifany Erza Pranasari

Pranasari, Tifany Erza (2015) Analisis makna sistem tanggung renteng bagi pengurus dan anggota koperasi pada Koperasi Setia Budi Wanita di Kota Malang / Tifany Erza Pranasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pranasari, Tifany Erza. 2014. Analisis Makna Sistem Tanggung Renteng bagi Pengurus dan Anggota Koperasi Setia Budi Wanita di Kota Malang.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. PembimbingProf. Dr. H. Wahjoedi, M.E., Thomas Soseco, S.E., M.Sc Kata Kunci : Koperasi Wanita, Sistem Tanggung Renteng, Simpan Pinjam          Koperasi dalam menjalankan setiap kegiatan koperasi dimulai dari manajemennya, unit usaha yang dijalankan dan keanggotaan, juga sangat perlu memperhatikan sistem keuangan yang diterapkan didalamnya. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah koperasi serba usaha Setia Budi Wanita di Kota Malang, yang merupakan koperasi wanita terbesar di Kota Malang dan juga dikenal sebagai tempat dicetuskannya sistem tanggung renteng pertama di Kota Malang.     Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami makna sistem tanggung renteng bagi pengurus koperasi dan makna sistem tanggung renteng bagi anggota koperasi. Informan pada penelitian ini yaitu pihak koperasi serba usaha Setia Budi Wanita sebagai pengelola koperasi dan anggota koperasi yang memperoleh bantuan kredit melalui unit simpan pinjam yang berbasis sistem tanggung renteng.     Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah dalam kenyataannya, sistem tanggung renteng tidak hanya memberikan makna bagi pengurus dalam menjalankan fungsi manajemen koperasi dan perubahan perilaku pengurus koperasi menjadi perilaku yang lebih baik. Sistem tanggung renteng juga memiliki makna bagi anggota koperasi dalam hal meningkatkan pengetahuan anggota, meningkatkan pendapatan anggota, serta perubahan perilaku anggota menjadi lebih baik berdasarkan nilai-nilai dasar sistem tanggung renteng. Sistem tanggung renteng juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan sistem keuangan yang terdapat di lembaga keuangan lain, yaitu sistem ini mampu menjangkau masyarakat ekonomi menengah ke bawah dengan persyaratan yang mudah (tanpa agunan), melalui sistem ini anggota mendapatkan pelatihan-pelatihan pengembangan usaha baru serta mempererat hubungan antara pihak koperasi dengan anggota koperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41496

Actions (login required)

View Item View Item