Analisis Perkembangan pajak daerah di Kabupaten Sidoarjo tahun 2004-2013 / Erfian Zulfirmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Perkembangan pajak daerah di Kabupaten Sidoarjo tahun 2004-2013 / Erfian Zulfirmansyah

Zulfirmansyah, Erfian (2014) Analisis Perkembangan pajak daerah di Kabupaten Sidoarjo tahun 2004-2013 / Erfian Zulfirmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zulfirmansyah Erfian. 2014. Analisis Perkembangan Pajak Daerah di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2004-2013. Skripsi. Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan. Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata kunci Otonomi Daerah Pendapatan Asli Daerah Pajak Daerah. Berdasarkan prinsip otonomi daerah pemerintah diberikan hak untuk bertanggung jawab dan menyelenggarakan pemerintahannya sendiri. Adanya pengembangan tersebut diharapkan adanya peningkatan dalam pendapatan daerah. Salah satu sumber pendapatan daerah yang dapat dikelola sendiri tanpa campur tangan pemerintah pusat adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Besarnya pendapatan asli daerah tidak lepas dari sumber-sumber penerimaan pendapatan asli daerah salah satunya pajak daerah. Pajak Daerah memberikan kontribusi besar dalam pendapatan asli daerah khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Pajak Daerah dan Kabupaten Sidoarjo dipilih akibat Kabupaten Sidoarjo dinobatkan sebagai kota/kabupaten yang tertib pajak. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kontribusi pajak daerah terhadap PAD mengetahui seberapa besar tingkat dan kecenderungan efektivitas pajak daerah mengetahui tingkat elastisitas pajak daerah terhadap perubahan PAD bagaimana prospek realisasi penerimaan pajak daerah pada tahun yang akan datang dengan menggunakan analisis trend dan mengetahui sumber pajak daerah yang berkontribusi maksimal untuk PAD. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sidoarjo menggunakan data sekunder dari data penerimaan pajak daerah dan penerimaan PAD dari tahun 2004-2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pertumbuhan penerimaan pajak daerah di Kabupaten Sidoarjo sangat efektif. Total rata-rata pertumbuhan penerimaan pajak daerah di Kabupaten Sidoarjo tahun 2004-2013 sebesar 149 847%. (2) Kontribusi pajak daerah Kabupaten Sidoarjo terhadap PAD pada tahun 2004-2013 mengalami fluktuatif meskipun kontribusinya bisa dikatakan dominan daripada sumber PAD yang lain.(3) Elastisitas pajak daerah terhadap PAD di Kabupaten Sidoarjoselama tahun 2004-2013 menunjukkan koefisiensi elastisitas rata-ratanya sebesar 1 669% yang berarti pajak daerah bersifat elastis karena penerimaan pajak daerah peka terhadap PAD. (4) Analisi trend pajak daerah dan PAD unutk masa yang akan datang yaitu tahun 2014 sampai 2023 cenderung mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis trend kedua variable yang meningkat. (5) Sumber pajak daerah yang berkontribusi maksimal terhadap PAD Kabupaten Sidoarjo untuk tahun 2004-2013 adalah pajak penerangan jalan dengan total kontribusi rata-rata sebesar 30 933%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41477

Actions (login required)

View Item View Item