Pengaruh BI rate, nilai tukar, dan sektor riil terhadap inflasi di Indonesia (tahun 2008-2013) / Hendy Bagus Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh BI rate, nilai tukar, dan sektor riil terhadap inflasi di Indonesia (tahun 2008-2013) / Hendy Bagus Kurniawan

Kurniawan, Hendy Bagus (2014) Pengaruh BI rate, nilai tukar, dan sektor riil terhadap inflasi di Indonesia (tahun 2008-2013) / Hendy Bagus Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Hendy Bagus. 2014. Pengaruh BI Rate Nilai Tukar dan Sektor Riil Terhadap Inflasi di Indonesia (Tahun 2008-2013).Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P.Ak. (II) Dr. Nasikh SE M.P. M.Pd. Kata kunci BI rate nilai tukar sektor riil dan inflasi. 12288 12288 12288 12288 Inflasi telah menjadi masalah besar dalam perekonomian Indonesia banyak faktor yang mempengaruhi laju inflasi sehingga laju inflasi tidak seluruhnya berada dalam kendali bank sentral. Secara teori inflasi merupakan resultan interaksi antara permintaan dan penawaran agregat perekonomian. Sementara itu kebijakan moneter pada dasarnya lebih efektif untuk mengendalikan tekanan inflasi yang berasal dari sisi permintaan agregat. Untuk kasus Indonesia upaya pengendalian inflasi merupakan persoalan yang cukup berat untuk dilaksanakan secara optimal. Hal ini terutama terkait dengan belum normalnya kondisi sektor perbankan sebagai channel utama yang menghubungkan sektor moneter dengan sektor riil. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh BI Rate Nilai Tukar dan Sektor Riil Terhadap Inflasi pada Tahun 2008-2013. 12288 12288 12288 12288 Pemilihan studi kasus ini berdasarkan pada pertimbangan bahwa inflasi merupakan tolak ukur perekonomian di Indonesia. Data penelitian ini berasal dari Publikasi data dari Bank Indonesia dan BPS. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisa dengan menggunakan analisa regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari BI rate nilai tukar sektor riil terhadap inflasi. Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa BI rate dan sektor riil memiliki Pengaruh secara Parsial terhadap inflasi sedangkan nilai tukar tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap inflasi. Untuk pengaruh secara simultan diperoleh hasil adanya pengaruh dari variabel BI rate nilai tukar dan sektor riil terhadap inflasi secara simultan Dengan demikian dapat dikatakan bahwa laju inflasi di Indonesia dipengaruhi oleh BI rate nilai tukar dan sektor riil. Dalam periode penelitian ini dapat diketahui bahwa perkembangan laju inflasi dipengaruhi oleh BI rate nilai tukar dan sektor riil. Maka dari itu dalam pemeliharaan laju inflasi hendaknya memperhatikan tiga variabel tersebut. Laju inflasi yang terkendali dapat membantu pertumbuhan ekonomi suatu negara dan perekonomian negara tersebut akan dapat lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41475

Actions (login required)

View Item View Item