Analisis pemilihan lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor di leasing Kota Malang / Jeffry Saelana Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemilihan lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor di leasing Kota Malang / Jeffry Saelana Muhammad

Muhammad, Jeffry Saelana (2014) Analisis pemilihan lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor di leasing Kota Malang / Jeffry Saelana Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhammad Jeffry Saelana. Analisis Pemilihan Lembaga Pembiayaan Kredit Kendaraan Bermotor Di Leasing Kota Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.S. E.D. (II) Thomas Soseco SE. M.Sc. Kata kunci Kredit Kendaraan Bermotor Berdasarkan observasi awal pada lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor permasalahan yang ditemukan peneliti merupakan kurang pahamnya masyarakat terhadap lembaga pembiayaan penyaluran kredit khususnya kredit kendaraan bermotor. Terdapat leasing dan perbankan dua lembaga yang fokus terhadap pembiayaan tersebut. Namun pengetahuan masyarakat terhadap kedua lembaga pembiayaan tersebut dirasa kurang. Hal ini mengakibatkan dominasi pemilihan lembaga pembiayaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah konsumen lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor yang melakukan pembayaran angsuran di PT. POS INDONESIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara dokumentasi terhadap konsumen. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa konsumen cenderung memilih leasing jika dibandingkan dengan perbankan. Hal ini disebabkan berbagai kemudahan yang diberikan leasing serta kurangnya sosialisasi yang dilakukan perbankan tentang produk kredit kendaraan bermotor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan konsumen terhadap lembaga kredit kendaraan bermotor memiliki pengaruh terhadap pemilihan lembaga tersebut terbukti dengan dominasi leasing sebagai pilihan konsumen serta kurangnya pengetahuan konsumen terhadap produk kredit kendaraan bermotor di perbankan. Perbankan diharapkan lebih mensosialisasikan produk mengenai kredit kendaraan bermotor supaya kredit yang disediakan dapat terserap. Leasing juga diharapkan mampu memberikan penjelasan mengenai peraturan yang berlaku pada leasing tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41468

Actions (login required)

View Item View Item