Peranan retribusi pasar terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang / Beta Aris Hardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan retribusi pasar terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang / Beta Aris Hardianto

Hardianto, Beta Aris (2013) Peranan retribusi pasar terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang / Beta Aris Hardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hardianto Beta Aris. 2012. Peranan Retribusi Pasar Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. Program S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (II) Dr. Bambang Pranowo S.E M.Pd Ak Kata kunci retribusi pasar PAD. Otonomi daerah merupakan aplikasi dari suatu kebijakan yang menetapkan bahwa kabupaten maupun kota sebagai titik beratnya. Inti dari pelaksanaan otonomi daerah adalah upaya untuk memaksimalkan hasil yang dicapai sekaligus menghindari kerumitan dan hal-hal yang menghambat pelaksanaan otonomi daerah. Dengan demikian tuntutan masyarakat dapat diwujudkan secara nyata dengan penerapan otonomi daerah dan kelangsungan pelayanan umum tidak diabaikan serta memelihara kesinambungan fiskal secara nasional. Meskipun bukan kategori penerimaan retribusi yang utama namun retribusi pasar Kota Malang memiliki peranan yang cukup penting yakni sebagai salah satu penyumbang dalam penerimaan retribusi daerah pada khususnya dan PAD pada umumnya. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah efektivitas penerimaan retribusi pasar dan PAD di Kota Malang (2) Bagaimanakah hubungan antara retribusi pasar dengan PAD Kota Malang (3) Bagaimanakah peranan retribusi pasar dalam menunjang peingkatan PAD Kota Malang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah dan Dinas Pasar Kota Malang dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini meneliti retribusi pasar Kota Malang selama 8 (delapan) tahun yakni mulai dari tahun 2004 hingga tahun 2011. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Selama kurun waktu 8 tahun tersebut retribusi pasar dan PAD selalu mampu memenuhi target yang telah ditentukan. (2) Retribusi pasar memiliki hubungan linier positif yang menunjukkan bahwa dengan naiknya penerimaan retribusi pasar maka PAD juga menjadi naik. Retribusi pasar memiliki tingkat korelasi yang sangat kuat dengan PAD Kota Malang. (3) Menurut perhitungan melalui analisa kontribusi Retribusi pasar memiliki peranan yang cukup penting meskipun tergolong kecil dalam menyumbang penerimaan PAD Kota Malang. Adapun saran bagi pemerintah yakni perlu diadakan upaya yang lebih intensif lagi dalam pemungutan retribusi pasar sehingga penerimaan retribusi pasar akan selalu mengalami peningkatan yang lebih besar dan stabil setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41459

Actions (login required)

View Item View Item