Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman modal di Jawa Timur / Riska Dyah Permata - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman modal di Jawa Timur / Riska Dyah Permata

Permata, Riska Dyah (2013) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman modal di Jawa Timur / Riska Dyah Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permata Riska Dyah. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penanaman Modal di Jawa Timur. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (2) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Inflasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Upah Tenaga Kerja. 12288 12288 12288 Investasi atau Penanaman modal dewasa ini merupakan suatu kebutuhan penting dalam pembangunan suatu daerah guna menciptakan pertumbuhan ekonomi yang positif. Dengan adanya kegiatan investasi atau penanaman modal akan mendorong suatu masyarakat untuk meningkatkan kegiatan ekonominya dan memperbesar kesempatan kerja yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan taraf kemakmuran masyarakatnya serta pendapatan daerah tersebut. 12288 12288 12288 Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman modal di Jawa Timur periode 2004-2011. Data dalam penelitian merupakan data triwulanan dari masing-masing variabel yang terdiri dari data kuantitatif dan berdasarkan urutan waktu (time series) yang diperoleh dari Statistik Ekonomi Keuangan Daerah (SEKDA) Jawa Timur Kajian Ekonomi Regional (KER) Jawa Timur dan BPS Provinsi Jawa Timur. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear berganda dengan jumlah PMDN Jawa Timur sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen yaitu tingkat inflasi upah tenaga kerja dan PDRB di Jawa Timur. 12288 12288 12288 Hasil analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa upah memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap PMDN di Jawa Timur. Upah yang tinggi akan mengurangi keuntungan yang didapat investor dalam penanaman modalnya. Inflasi memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap PMDN di Jawa Timur. Inflasi yang tinggi akan menurunkan profitabilitas suatu perusahaan sehingga akan menurunkan pembagian deviden dan juga daya beli masyarakat. PDRB memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap PMDN di Jawa Timur. Dengan adanya peningkatan PDRB akan berpengaruh positif terhadap pendapatan konsumen karena dapat menigkatkan permintaan terhadap produk perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tiap variabel bebas (upah inflasi dan PDRB) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (PMDN). Sehingga disarankan bagi pemerintah provinsi Jawa Timur untuk lebih menciptakan iklim yang kondusif untuk berinvestasi dan bagi pihak otoritas moneter untuk menjaga stabilitas laju inflasi guna menciptakan kondisi iklim investasi yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41454

Actions (login required)

View Item View Item