Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap profitabilatas (Return on Assets) PT. Bank Rakyat Indonesia (Perserp) Tbk periode 2004-2011 / Rindang Ligar Afrehsa

Afrehsa, Rindang Ligar (2013) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap profitabilatas (Return on Assets) PT. Bank Rakyat Indonesia (Perserp) Tbk periode 2004-2011 / Rindang Ligar Afrehsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), profitabilitas (Return On Assets). Perbankan memegang peranan yang penting dalam pembangunan suatu Negara. Kinerja perbankan yang baik akan dapat menunjang perekonomian suatu bangsa. Bank berfungsi sebagai perantara keuangan dan kepercayaan dari masyarakat merupakan faktor utama dalam menjalankan bisnis perbankan. Kinerja perbankan yang baik tentu akan berdampak pada besarnya kepercayaan masyarakat pada lembaga perbankan tersebut. Baik tidaknya kinerja keuangan perbankan dapat dilihat melalui kinerja profitabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap profitabilitas (Return On Assets). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan merupakan data sekunder (time series) data diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi Triwulanan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dengan periode waktu tahun 2004 hingga 2011. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 32 dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antar varibel satu dengan variabel yang lainnya. Dari hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (Return On Assets), sedangkan variabel Loan to Deposit Ratio (LDR) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas (Return On Assets). Sedangkan hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas (Return On Assets). Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk senantiasa menjaga kinerja perusahaan agar tetap stabil yaitu dengan mempertahankan kondisi rasio keuangan yang baik dan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan Bank Indonesia sehingga dapat menjaga kestabilan dalam memperoleh labanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41446

Actions (login required)

View Item View Item