DARKUN, M (2021) Pengembangan teka-teki silang berbasis internet (Web) untuk pembelajaran mufradat bahasa arab di Madrasah Aliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran sangatlah penting dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran. Dengan berkembangnya zaman banyak inovasi media pembelajaran yang muncul baik online maupun offlnie. Sesuai dengan anjuran pemerintah di masa pandemi Covid-19 pembelajaran harus dilakukan secara online, oleh karena itu media yang harus digunakan dalam pembelajaran harus media online. Seorang guru Bahasa arab harus bisa memilih dan menggunakan media pembelajaran online yang sangat efektif dalam pembelajaran, khusunya pembelajaran mufradat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan teka-teki silang berbasis internet (Web) untuk pembelajaran mufradat Bahasa Arab di madrasah Aliyah dan mendeskripsikan kualitasnya. Peneliti menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif, dan metode pengumpulanya adalah angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) materi pembelajaran mufradat Bahasa Arab dengan menggunakan teka-teki silang berbasis web yang bisa dibuka dan digunakan melalui alamat URL http://ttsbahasaarab-mkbaum.com/. Adapun materi yang digunakan diambil dari Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan saintifik Kurikulum 2013 yang diterbitkan Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia 2015. materi tersebut terdiri dari 750 mufradat, semua mufaradat dikembangkan menjadi teka-teki silang dan diinput kedalam web. (2) dan hasil dari uji ahli tentang kevalidan produk mendapat nilai 78,5% dari ahli materi dan 87,5% dari ahli media, adapun hasil dari uji lapangan sebesar 71,4%, dan rata-ratanya adalah 79,1% yang berarti bahwa produk ini sangat baik dan valid untuk diterapkan. Dan kelemahan program ini tidak bisa digunakan untuk menulis kalimat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S2 Keguruan Bahasa Arab |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:35 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:35 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4144 |
Actions (login required)
View Item |