Pengaruh metode Focus Group Discussion (FGD) berbasis group video call Whatsapp terhadap minat belajar dan pemahaman mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2019 Universitas Negeri Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode Focus Group Discussion (FGD) berbasis group video call Whatsapp terhadap minat belajar dan pemahaman mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2019 Universitas Negeri Malang

Putri, Rizka Cahyaning Arifin (2022) Pengaruh metode Focus Group Discussion (FGD) berbasis group video call Whatsapp terhadap minat belajar dan pemahaman mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2019 Universitas Negeri Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat pembelajaran daring diterapkan di tahun 2020. Terdapat dua permasalahan yang ditemukan. Permasalahan tesebut yaitu kurangnya pembelajaran interaktif sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar. Di sisi lain perkembangan aplikasi di bidang komunikasi yaitu whatsapp mampu melakukan komunikasi secara berkelompok. Komunikasi tersebut masuk ke dalam ranah Group Video Call Whatsapp. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh metode Focus Group Discussion (FGD) berbasis Group Video Call Whatsapp terhadap minat belajar dan pemahaman mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2019 Universitas Negeri Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pretest posttest experiment control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan metode focus group discussion (FGD) berbasis group video call whatsapp sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah satu arah. Pretest diberikan sebelum perlakuan sedangkan posttest diberikan setelah perlakuan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan tentang Pengaruh Metode Focus Group Discussion (FGD) berbasis Group Video Call Whatsapp Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes yang diperoleh dari mahasiswa pendidikan sejarah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode focus group discussion (FGD) berbasis group video call whatsapp mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa karena efek kebaruan dari metode yang diterapkan oleh peneliti. Namun, metode ini justru tidak berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2019. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa metode ceramah juga memungkinkan mahasiswa menggali dan memahami materi melalui penjelasan dari dosen di power point. Selain itu, dosen juga memberikan referensi bacaan mengenai materi yang dibahas. Dengan begitu mahasiswa bisa membaca dan memahami lebih dalam materi yang dibahas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:27
Last Modified: 26 Jul 2023 01:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item