Analisis kontribusi peran industri kecil terhadap perekonomian lokal (studi kasus industri tikar dan tampar Mendong Kabupaten Malang di Desa Blayu Kecamatan Wajak / Mohamad Khoirul Anam

Anam, Mohamad Khoirul (2013) Analisis kontribusi peran industri kecil terhadap perekonomian lokal (studi kasus industri tikar dan tampar Mendong Kabupaten Malang di Desa Blayu Kecamatan Wajak / Mohamad Khoirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anam, Mohamad Khoirul. 2012. Analisis Kontribusi Peran Industri Kecil Terhadap Perekonoman Lokal (Studi Kasus Industri Tikar dan Tampar Mendong Kabupaten Malang di Desa Blayu Kecamatan Wajak). Skripsi, Prodi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Farida Rahmawati, S.E,M.E, (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si. Kata kunci:Kontribusi, Peran Industri Kecil, Perekonomian Lokal Dalam pembangunan sebuah perekonomian yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat selalu terbentur dengan permasalahan pengangguran yang menjadikan masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar mereka. Dalam perkembangan perekonomian di Indonesia UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, terbukti pada waktu bangsa Indonesia mengalami krisis yang terjadi beberapa waktu lalu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi realita tersebut, sedangkan usaha yang berskala besar mengalami stagnasi bahkan berhenti aktivitasnya. Untuk mengkaji seberapa besar kontribusi itu maka penelitian ini menganalisis kontribusi peran industri kecil terhadap perekonoman lokal dengan studi kasus industri tikar dan tampar mendong Kabupaten Malang di Desa Blayu Kecamatan Wajak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan data secara objektif terhadap kondisi yang ada, yang mana penelitian ini berfokus pada peran modal, peran unit usaha dan peran produksi dalam penyerapan tenaga kerja pada UMKM. Metode kualitatif yang diproses dalam penelitian ini dimulai dengan displaydata, melakukan reduksi data dan membuat rangkuman inti serta tahap terakhir disajikan secara deskriptif mengenai fakta-fakta yang ada di lapangan dengan melakukan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja pada UMKM dipengaruhi oleh beberapa hal yakni modal, unit usaha dan produksi dari ketiga hal tersebut saling terkait satu sama lain akan tetapi peran modal dan unit usaha cenderung lebih mendominasi dalam mempengaruhi penyediaan lapangan kerja pada UMKM . Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan ketenagakerjaan pada UMKM sehingga peranan strategis UMKM dalam perekonomian Indonesia dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengatasi pengangguran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41429

Actions (login required)

View Item View Item