Analisis peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang (studi kasus Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo) / Netty Purnamasari

Purnamasari, Netty (2012) Analisis peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang (studi kasus Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo) / Netty Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Sektor Pariwisata, Kesejahteraan, Pro Poor Tourism. Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan di Kabupaten Malang. Sektor ini merupakan sektor yang mempunyai keterkaitan lintas sektoral sehingga dalam perkembangannya dapat membantu pemerintah daerah untuk mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang tepat dan efektif sehingga apa yang diharapkan pemerintah dalam upaya pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa dampak yang ditimbulkan sektor ini belum seperti yang diharapkan. Hal ini dikarenakan pariwisata yang membatasi partisipasi masyarakat miskin dan perumusan kebijakan yang belum terfokus pada masalah pengentasan kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang, terutama di sekitar area Desa Gubugklakah dan implementasi program ekonomi kreatif yang terkait dengan pro poor tourism di Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penulis menggunakan pendekatan kualitatif adalah berusaha memberikan gambaran yang sistematis, faktual dan akurat mengenai peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data dokumen yang diperoleh dari Arsip Kelurahan Gubugklakah dan data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Data primer berupa wawancara yang diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak Bappeda, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta dengan pihak Desa Gubugklakah. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa dengan berkembangnya sektor pariwisata di Desa Gubugklakah membawa dampak yang positif bagi penduduk sekitar. Hal ini dapat dilihat dari semakin terbukanya kesempatan berusaha di sekitar area wisata, selain dapat menyerap pengangguran ini juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Akan tetapi peran sektor pariwisata ini tidak membawa perubahan dalam pengurangan penduduk miskin. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan sektor pariwisata di Desa Gubugklakah membawa perubahan yang cukup besar untuk masyarakatnya. Akan tetapi hal ini belum dimanfaatkan secara maksimal karena masih ada masyarakat yang belum mempunyai kesadaran akan pentingnya memanfaatkan potensi pariwisata yang ada. Sementara itu di Kabupaten Malang belum terdapat strategi khusus tentang Sedangkan pro poor tourism, akan tetapi kebijakan yang berjalan telah sesuai dengan konsep pro poor yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41419

Actions (login required)

View Item View Item