Kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung tahun 2006-2010 / Iwan Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung tahun 2006-2010 / Iwan Setiawan

Setiawan, Iwan (2012) Kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung tahun 2006-2010 / Iwan Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Retribusi Pasar Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tulungagung PAD merupakan salah satu indikator yang menentukan derajat kemandirian suatu daerah.Oleh karena itu dituntut kemandirian bagi tiap-tiap Pemerintah Daerah untuk mengolah daerahnya sendiri dalam arti mampu menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan daerah dengan menggunakan kekuatan sendiri serta meminimalkan bantuan dari pihak luar. Semakin besar penerimaan PAD suatu daerah maka semakin rendah tingkat ketergantungan pemerintah daerah tersebut terhadap pemerintah pusat dan sebaliknya. Salah satu sumber keuangan yang mendukung PAD yakni retribusi pasar meskipun bukan penerimaan retribusi yang utama namun retribusi pasar memiliki peranan yang cukup penting dan memiliki potensi terhadap penerimaan PAD. Tujuan peneitian ini adalah (1) Mengetahui perkembangan retribusi pasar dan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung tahun 2006-2010 (2) Mengetahui kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung tahun 2006-2010 Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yakni dengan melakukan perhitungan terhadap data retribusi pasar dalam menyumbang PAD kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan Perkembangan retribusi pasar dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 cenderung mengalami peningkatan dengan peningkatan terbesar terjadi pada tahun 2010 yaitu sebesar 2 35%. Perkembangan pendapatan asli daerah selama tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 cenderung mengalami peningkatan dengan rata-rata peningkatan pendapatan asli daerah sebesar 27 62%. Retribusi pasar merupakan salah satu sumber pendapatan daerah khususnya merupakan penerimaan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) tentu saja memiliki kontribusi yang cukup berarti bagi pertumbuhan ekonomi daerah tiap tahunnya. Meskipun bukan merupakan sumber penerimaan yang utama dan penerimaannya tidak terlalu besar dibanding sumber-sumber penerimaan daerah yang lain namun retribusi pasar cukup memiliki potensi penting dalam menyumbang dan mendukung penerimaan PAD Kabupaten Tulungagung. Adapun saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengoptimalkan sumber-sumber retribusi pasar dalam kaitannya dengan PAD Kabupaten Tulungagung adalah perlu diadakan upaya yang lebih intensif dengan menggali retribusi pasar dengan lebih banyak lagi jenisnya sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap PAD lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41415

Actions (login required)

View Item View Item