Pemanfaatan buku pasukan M sebagai sumber belajar untuk membangun kesadaran sejarah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Glagah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan buku pasukan M sebagai sumber belajar untuk membangun kesadaran sejarah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Glagah

Suryansyah, Ronni (2022) Pemanfaatan buku pasukan M sebagai sumber belajar untuk membangun kesadaran sejarah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Glagah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku Pasukan M merupakan sebuah kisah yang menceritakan tentang perlawanan mempertahankan kemerdekaan yang berada di Selat Bali yang dipelopori oleh Kapten Markandi. Materi ini siswa diajak untuk visualisasi dari kejadian sejarah lokal yang telah terjadi sehingga dapat menelaah perjuangan para tokoh kemerdekaan dalam mempertahankan wilayahnya dan mendorong terbentuknya pemikiran rasional, berpikir kritis dan juga dapat mengembangkan karakter yang menghargai sesama, dan gotong royong. Membangun kesadaran sejarah dan kemampuan berpikir kritis melalui Pasukan M memberikan sebuah gambaran mengenai bagaimana sejarah lokal bisa memberikan dampak pada siswa dalam kehidupannya. Sebagai sarana membangun kesadaran sejarah dan kemampuan berpikir kritis siswa. Menemukan solusi dari masalah yang ada, berpikir secara aktif dan kreatif dalam mengembangkan pola pikir kritis juga termasuk dalam keterampilan yang dibutuhkan siswa sebagai bekal kecakapan hidup. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang akan dikaji yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan Buku Pasukan M sebagai Sumber Literasi dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Glagah; (2) Bagaimana peningkatan kesadaran sejarah siswa melalui pemanfaatan Buku Pasukan M sebagai Sumber Literasi dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Glagah; (3) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pemanfaatan Buku Pasukan M sebagai Sumber Literasi dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Glagah. Penelitian ini mendeskripsikan secara rinci pemanfaatan Buku Pasukan M sebagai sumber literasi dalam pelajaran Sejarah Indonesia dengan pengambilan sampel sumber data dan teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan) sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap kesadaran sejarah dan keterampilan berpikir kritisnya. Pertama, buku Pasukan M yang tersedia di perpustakaan merupakan sumber belajar yang relevan terhadap materi dalam Bab Mempertahankan Panji - Panji Kemerdekaan Indonesia sehingga mendapatkan informasi mengenai peristiwa yang terjadi di Selat Bali dan merupakan sebuah pembelajaran terhadap sejarah lokal. Kedua, Buku Pasukan M dapat dijadikan dalam membangun kesadaran sejarah karena siswa bisa memahami adanya peristiwa nasional yang terjadi dan menjadi sebuah stimulus untuk berkunjung ke perpustakaan untuk mencari sumber literatur lain mengenai peristiwa sejarah. Ketiga, Berpikir kritis yang ditimbulkan memberikan sebuah gambaran bahwa siswa peka terhadap sebuah fenomena peristiwa disekitar lingkungannya. Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar lebih mendalami karena kesadaran akan sejarah yang menurun mengakibatkan jati diri kebangsaan akan semakin memudar. Pendidikan dan pembelajaran sejarah menjadi jembatan untuk membangun dan mengenal sejarah bangsa Indonesia sebagai jati diri. Penggalian informasi tentang peninggalan sejarah lokal yang ada di sekitar daerahnya dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa terhadap pelajaran sejarah sehingga pada akhirnya mampu membangun karakter dan pola pikir yang lebih kritis dalam menjalani kehidupannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:43
Last Modified: 12 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item