Wulandari, Galuh Dewayani (2013) Pengembangan modul multimedia interaktif pelajaran IPA kelas IV semester II SDN Lowokwaru 3 Malang / Galuh Dewayani Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan modul multimedia interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan keterampilan atau sikapnya. Produk modul multimedia interaktif ini dikembangkan dan diuji di SDN Lowokwaru 3 Malang pada standar kompetensi memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk. Produk berupa modul multimedia interaktif pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II materi pokok energi alternatif. Selain itu juga menguji keefektifan serta kevalidan produk yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada satu satu ahli media satu ahli materi uji coba perorangan dengan 2 orang siswa uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa dan uji lapangan dengan 32 orang siswa. Hasil validasi isi terhadap kelayakan modul multimedia interaktif ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 98 52% validasi ahli materi 100% uji coba perorangan 94 16% dan uji coba kelompok kecil 94 65% uji lapangan (93 28). Hasil pengembangan modul pembelajaran telah direvisi meliputi (1) video pada modul diperbanyak sesuai dengan materi energi alternatif (2) mengubah warna tulisan pada standar kompetensi dari warna merah diganti dengan warna hitam (3) huruf diganti menjadi arial. Saran pengembangan dikembangkan dengan materi-materi lain sesuai karakteristik bidang studinya dan mengikuti prosedur pengembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
View Item |