Analisis pelayanan pajak E-System sebagai upaya untuk mempermudah pembayaran pajak (Studi kasus KPP Pratama Malang Selatan) / Adi Mulya Rakhmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelayanan pajak E-System sebagai upaya untuk mempermudah pembayaran pajak (Studi kasus KPP Pratama Malang Selatan) / Adi Mulya Rakhmansyah

Rakhmansyah, Adi Mulya (2012) Analisis pelayanan pajak E-System sebagai upaya untuk mempermudah pembayaran pajak (Studi kasus KPP Pratama Malang Selatan) / Adi Mulya Rakhmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pelayanan Pajak e-System KPP Pratama Malang Selatan Pajak di Indonesia sangat penting bagi sumber penerimaan negara. Di butuhkan penerapan teknologi informasi sebagai reformasi perpajakan guna menunjang kegiatan perpajakan. Perlu diadakan sosialisasi kepada wajib pajak baik pribadi maupun badan yang telah mempunyai NPWP sehingga penerapan Teknologi Informasi e-System berjalan efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan penelitian (1) menganalisis sejauh mana pelaksanaan e-System dan (2) dampak pengunaan teknologi informasi e-System di KPP Pratama Malang Selatan. Manfaat penelitian bagi wajib pajak instansi pajak dan bagi pihak lain. Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian dekskriptif kualitatif kehadiran peneliti sebagai instrumen dan pengumpul data. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsaan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap membandingkan sumber data pengamatan wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan (1) hasil pelaksanaan e-System berjalan sesuai prosedur yang diterapkan dan kemudahan bagi wajib pajak pribadi maupun badan dalam melakukan pembayaran atau pelaporan kewajiban pajaknya. (2) Pengetahuan masyarakat mengenai perkembangan teknologi informasi yang telah dipakai atau diterapkan oleh Dirjen Pajak dalam pelayanan perpajakan masih belum bisa di gunakan secara menyeluruh. Dengan adanya kerjasama dari pihak wajib pajak dan pihak fiskus sendiri sehingga terjadi keselarasan dalam mewujudkan sistem administrasi perpajakan berbasis elektronis dengan baik dan cepat. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam usaha meningkatkan reformasi perpajakan menuju kearah yang lebih baik dengan membayar pajaknya tepat waktu. Kesimpulan dari penelitian ini pengunaan e-System dalam pelayanan pajak belum bisa digunakan secara menyeluruh tetapi adanya pihak pajak sebagai pendamping dalam pelayanan pajak bisa membantu wajib pajak dalam melakukan pelaporan ataupun pembayaran kewajiban pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41399

Actions (login required)

View Item View Item