Analisis sektopr-sektor ekonomi dalam rangka pengembangan kebijakan pembangunan ekonomi Kota Kediri / Rita Erika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sektopr-sektor ekonomi dalam rangka pengembangan kebijakan pembangunan ekonomi Kota Kediri / Rita Erika

Erika, Rita (2012) Analisis sektopr-sektor ekonomi dalam rangka pengembangan kebijakan pembangunan ekonomi Kota Kediri / Rita Erika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sektor Ekonomi Pembangunan Ekonomi Dengan adanya otonomi daerah maka Pemerintah daerah dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat perencanaan kebijakan. Untuk itu diperlukan pemilihan strategi yang tepat dalam mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang berpotensi memiliki sektor unggulan mengingat sektor unggulan memegang peranan penting sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi di suatu daerah. Dengan begitu salah satu cara pengembangan kebijakan pembangunan ekonomi daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah dapat dilakukan dengan menganalisis sektor-sektor ekonomi yang berpotensi menjadi unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sektor-sektor ekonomi yang berpotensi menjadi unggulan di Kota Kediri (2) kesesuaian kebijakan pembangunan ekonomi Kota Kediri terhadap hasil analisis sektor yang menjadi unggulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah PDRB sektoral Kota Kediri dan Provinsi Jawa Timur yang dihitung berdasarkan atas dasar harga konstan tahun 2000 kurun waktu 2006-2010 dengan menggunakan metode dokumentasi observasi dan wawancara. Skripsi ini menggunakan alat analisis yaitu analisis Location Quotient (LQ) Model Rasio Pertumbuhan (MRP) dan Klaassen Typology. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Kota Kediri memiliki empat sektor yang menjadi unggulan yaitu sektor industri pengolahan sektor keuangan persewaan dan jasa perusahaan sektor konstruksi dan sektor jasa-jasa. Dimana keempat sektor tersebut di Kota Kediri mempunyai peluang untuk lebih dikembangkan sebagai sektor penentu prioritas dalam mengembangkan kebijakan pembangunan ekonomi. Kedua kebijakan pembangunan ekonomi Kota Kediri yaitu yang tertuang dalam landasan pembangunan Tri Bina Kota Kediri belum sesuai dan masih terdapat perbedaan (gap) dengan hasil analisis keempat sektor yang menjadi unggulan tersebut. Dengan demikian dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan ekonomi harus mempertimbangkan sisi tingkat kebasisan dan laju pertumbuhan masing-masing sektor. Sehingga akan diperoleh kebijakan pembangunan yang sesuai dengan kondisi dan potensi tiap sektor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41391

Actions (login required)

View Item View Item