Analisis strategi pengusaha tempe Sanan dalam mengembangkan usaha (Studi kasus pada pengrajin tempe di Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Bobby Krisna Dwicahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi pengusaha tempe Sanan dalam mengembangkan usaha (Studi kasus pada pengrajin tempe di Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Bobby Krisna Dwicahyo

Dwicahyo, Bobby Krisna (2012) Analisis strategi pengusaha tempe Sanan dalam mengembangkan usaha (Studi kasus pada pengrajin tempe di Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Bobby Krisna Dwicahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kondisi Usaha Strategi Pengusaha Dalam mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran UKM dan koperasi mampu memberikan kontribusi yang besar bagi Kota Malang maupun Indonesia pada umumnya salah satunya adalah melalui Sentra UKM tempe dan keripik tempe. Permasalahan saat ini adalah adanya monopoli perdagangan yang dilakukan oleh produsen hilir (produsen yang hanya menjual produk keripik saja) terhadap produsen hulu (produsen yang melakukan proses produksi dari awal hingga akhir). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan demikian penelitian ini untuk mendeskripsikan data secara objektif terhadap kondisi usaha potensi sentra usaha dan strategi pengusaha dalam mengembangkan industri keripik tempe. Penelitian ini menggunakan 7 informan yaitu Pak Azhari Ibu Rokhana Pak Sentot Pak Muhammad Ali Pak Rudy Pak Nasikan Ibu Halimah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha kecil sentra usaha keripik tempe di Kelurahan Purwantoro mengalami kesulitan pada kurangnya keterampilan dalam pembukuan pemasaran dan modal. Di samping itu pengusaha melakukan upaya-upaya dalam mempertahankan usahanya dengan menciptakan inovasi produk menawarkan mutu yang lebih baik dan memelihara pelanggan serta meningkatkan pelayanan. Strategi pengusaha diklasifikasikan menjadi tiga model yakni strategi pengembangan produk strategi bertahan dan strategi pemasaran. Untuk mendukung dari semua upaya-upaya mempertahankan dan mengembangkan usaha pengusaha dianjurkan untuk meningkatkan kerjasama di antara pengusaha lainnya. Begitu pula peran pemerintah sangat dibutuhkan para pengusaha dalam rangka mengembangkan usaha. Dan hasil skripsi ini bisa digunakan sebagai informasi dalam upaya untuk mengembangkan usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41385

Actions (login required)

View Item View Item