Anika, Gungsu (2012) Pengaruh prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan ekonomi terhadap kemampuan mengajar dalam praktik pengalaman lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-kota Malang / Gungsu Anika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci prestasi akademik kemampuan mengajar PPL Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi terhadap kemampuan mengajar dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian ini berupa Eksplanatory Research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan ekonomi sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan mengajar. Instrumen dalam penelitian ini adalah closed questionare dan menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mengambil 27 responden dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel prestasi akademik MKK (X1) terhadap kemampuan mengajar. Dilihat dari signifikansi variabel X1 sebesar 0.016 0.05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel prestasi akademik MPK (X2) terhadap kemampuan mengajar. Dilihat dari signifikansi variabel X1 sebesar 0.006 0.05 (3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel prestasi akademik MKB (X3) terhadap kemampuan mengajar. Dilihat dari signifikansi variabel X1 sebesar 0.000 0.05 (4) Hasil uji regresi ganda antara prestasi akademik MPK prestasi akademik MKK dan prestasi akademik MKB mahasiswa pendidikan ekonomi secara simultan terhadap kemampuan mengajar dalam PPL diketahui nilai korelasi MPK 0.525 nilai korelasi MKK 0.406 dan nilai korelasi MKB 0.980 nilai sig F 0.000 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Ho dalam penelitian ini tidak diterima dan Ha diterima. Dengan demikian perubahan variabel X1 (prestasi akademik MPK) X2 (prestasi akademik MKK) X3 (prestasi akademik MKB) secara simultan berpengaruh terhadap perubahan Y (Kemampuan Mengajar). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang paling rendah antara prestasi akademik MPK mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap kemampuan mengajar dalam PPL (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi akademik MKK mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap kemampuan mengajar dalam PPL (3) Terdapat pengaruh antara prestasi akademik MKB mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap kemampuan mengajar dalam PPL (4) Prestasi akademik MPK prestasi akademik MKK dan prestasi akademik MKB mahasiswa pendidikan ekonomi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengajar mahasiswa dalam PPL. Adapun saran yang dapat disampaikan penulis adalah sebagai berikut (1) Bagi pihak yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan agar menambahkan instrument untuk varibel MPK. Mengingat MPK dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang paling rendah dibandingkan variabel lain (2) Mahasiswa pendidikan ekonomi diharapkan dapat mempersiapkan diri dalam pelaksanaan PPL di sekolah dengan cara lebih mengoptimalkan pemahaman tentang materi MKK dan kegiatan PPL I (di kampus) sebagai persiapan PPL II di sekolah (3) Diharapkan memberi pembekalan yang lebih matang kepada semua mahasiswa yang akan melaksanakan PPL. Pembekalan ini dapat berupa pemberian matakuliah yang menyiapkan tenaga guru menjadi guru profesional seperti pemberian MKB dan (4) Bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT PPL) diharapkan agar kegiatan PPL baik PPL I maupun PPL II diperketat pelaksanaannya. Agar lebih matang dalam mempraktikkan kemampuan mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41379 |
Actions (login required)
View Item |