Aplikasi analisis CAMEL (capital, assets, management, earnings, liquidity) untuk menilai kerja keuangan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk periode 2006-2008 / Amiroh Thayyiba - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi analisis CAMEL (capital, assets, management, earnings, liquidity) untuk menilai kerja keuangan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk periode 2006-2008 / Amiroh Thayyiba

Thayyiba, Amiroh (2012) Aplikasi analisis CAMEL (capital, assets, management, earnings, liquidity) untuk menilai kerja keuangan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk periode 2006-2008 / Amiroh Thayyiba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesehatan dan Kinerja Bank Analisis CAMEL Perbankan merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting peranannya. Kegiatan pokok bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat serta mempunyai fungsi sebagai intermediary service. Dasar operasi bank adalah kepercayaan karena suatu kepercayaan merupakan modal utama dari kegiatan usaha bank. Kinerja keuangan bank merupakan gambaran kondisi keuangan bank pada suatu periode mencakup aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana. Kinerja perusahaan dapat diukur dengan menganalisa dan mengevaluasi laporan keuangan. Penilaian kinerja atau kesehatan bank umum bertujuan untuk mengetahui kesehatan dan masa depan bank secara keseluruhan. Kesehatan suatu bank merupakan modal utama dari sebuah bank karena apabila bank tersebut dikatakan sehat maka masyarakat akan percaya pada bank tersebut dan kemudian masyarakat mau untuk menyimpan uang di bank tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Bank BRI melalui analisis CAMEL. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk peningkatan kinerja keuangan perbankan dan juga sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan melakukan investasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data laporan keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di BEI periode Desember 2006 dan Desember 2008. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Bank BRI yakni dalam kategori predikat sehat sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2008. Disamping itu fokus usaha Bank BRI adalah melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro kecil dan menengah uuntuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Dari hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan untuk Bank BRI adalah kedepannya Bank BRI dapat selalu menjaga likuiditas dan kesehatannya serta dapat mempertahankan predikat yang didapat dengan memberikan pelayanan yang baik sehingga membuat nasabah merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41366

Actions (login required)

View Item View Item