Analisis deskripsi potensi ekonomi Kabupaten Malang (kajian produk domestik regional bruto tahun 2005-2009) / Erry Gugy Adyatmadja

Adyatmadja, Erry Gugy (2012) Analisis deskripsi potensi ekonomi Kabupaten Malang (kajian produk domestik regional bruto tahun 2005-2009) / Erry Gugy Adyatmadja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Pembangunan ekonomi, Pertumbuhan ekonomi, Produk Domestik Regional Bruto Produk Domestik Regional Bruto merupakan salah satu indikator evaluasi terhadap hasil pembangunan di Kabupaten Malang dari sisi makro ekonomi. Dengan pendekatan analisis Location Quotient (LQ) dan Shift Share (SS), kita dapat mengetahui pertumbuhan hasil pembangunan di Kabupaten Malang dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, sesuai dengan potensi ekonomi Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan sektor basis sebagai indikator pertumbuhan ekonomi Kabupaten Malang. Penentuan sektor potensial dilihat dari sektor basis, pertumbuhan tiap sektor dari tahun ke tahun, serta kemampuan daya saing tiap sektor ekonomi Kabupaten Malang terhadap wilayah yang tingkatannya lebih tinggi yakni Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa data sekunder Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Malang dan Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Timur. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dengan jenis data time series, dalam kurun waktu lima tahun yaitu pada tahun 2005-2009. Analisis data penilitian ini menggunakan analisis Location Quotient (LQ) dan analisis Shift Share (SS). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Kabupaten Malang memiliki tiga sektor basis dilihat dari analisis LQ rata-rata yaitu sektor pertanian, sektor pertambangan dan penggalian, dan sektor jasa-jasa. Dimana sektor penggalian dan sektor jasa-jasa di Kabupaten Malang mempunyai peluang untuk lebih dikembangkan. Kedua, Kabupaten Malang memiliki empat sektor potensial dilihat dari analisis SS rata-rata, yaitu sektor pertanian, sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, dan sektor jasa-jasa. Akan tetapi perbedaan terletak pada dua golongan, yaitu golongan pertama adalah sektor pertanian dan industri pengolahan sebagai sektor yang pertumbuhannya lambat tetapi memiliki kemampuan berdaya saing, dan golongan kedua adalah sektor penggalian dan sektor jasa-jasa sebagai sektor yang pertumbuhannya cepat tetapi kurang memiliki kemampuan berdaya saing. Saran yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan perhatian pemerintah dan peranan pihak swasta akan menjadi faktor penting untuk lebih meningkatkan pertumbuhan dan kontribusi sektor potensial terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Malang yang berpeluang untuk dikembangkan di tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41361

Actions (login required)

View Item View Item