Keefektifan konseling kelompok solution-focused brief untuk meningkatkan empati pelaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Mojokerto - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok solution-focused brief untuk meningkatkan empati pelaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Mojokerto

Jannah, Elok Fithrotul (2022) Keefektifan konseling kelompok solution-focused brief untuk meningkatkan empati pelaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Mojokerto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Empati adalah bentuk kesadaran sosial individu ketika merasakan emosi dan memahami adanya peristiwa yang di alami orang lain yang mengacu pada keadaan atau kondisi emosional orang tersebut. Empati diawali dengan perasaan ingin tahu dan imajinasi. Karena pada saat individu ingin berempati dengan orang lain, maka individu tersebut harus mengetahui latar belakang dan permalahan yang sedang dialami orang lain. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas Solution-Focused brief untuk meningkatkan empati pelaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest group control design. Subjek yaitu sepuluh siswa kelas VIII MTsN 1 Mojokerto tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih melalui purposive sampling, yaitu yang memiliki tingkat empati rendah menggunakan skala empati. Lima siswa sebagai kelompok eksperimen dan lima siswa yang lain sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi intervensi dengan konseling kelompok Solution-Focused brief, sedangkan kelompok kontrol diberi konseling realita. Pada akhir pertemuan kedua kelompok akan diberi post-test untuk mengetahui keefektifan intervensi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya ada perubahan skor empati pada siswa kelas VIII MTsN 1 Mojokerto setelah diberikan intervensi. Hal tersebut dapat diketahui setelah melakukan uji Wilcoxon Test pada skor pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Uji Wilcoxon Test pada kelompok eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0.043 < 0.05 maka dapat diambil kesimpulan bahwasannya hipotesis diterima. Selanjutnya untuk hasil uji Wilcoxon Test pada kelompok kontrol adalah 0.042 < 0.05 maka bisa disimpulkan hipotesis diterima. Hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwasannya ada perbedaan antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Uji Test-Mann-Whitney U diperoleh nilai Zhitung = -2611 dan skor Asymp. Sig (2-tiled) berada pada 0.009 (0.009 < 0.05). Selain itu, didapatkan hasil data mean pada kelompok eksperimen sebesar 8.00 dan data mean pada kelompok kontrol sebesar 3.00 (8.00 > 3.00). Selisih nilai mean kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 5.00 sehingga H0: ditolak dan H1: diterima. Berdasarkan hasil propabilitas nilai sebesar 0.009 dan nilai mean pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwasanya ada perbedaan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini ada beberapa saran: Pertama, untuk guru BK atau konselor diharapkan untuk mempelajari dengan seksama pedoman pelaksanaan konseling kelompok Solution-Focused brief agar intervensi bisa berjalan sesuai tahapan. Kedua, untuk peneliti selanjutnya diharapkan intervensi konseling kelompok Solution-Focused brief bisa di uji cobakan dengan skala yang lebih luas, sehingga keefektifannya bisa lebih terjamin. Selain itu, untuk penelitian selanjutnya perlu merancang panduan untuk kelompok kontrol. Panduan ini dirancang supaya lebih memudahkan peneliti dalam menerapkan konseling pada kelompok kontrol. Hal ini dilakukan untuk menghindari ancama validitas internal peneliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:41
Last Modified: 11 Jul 2023 08:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4134

Actions (login required)

View Item View Item