Dampak pelaksanaan sunset policy pajak tahun 2008 di wilayah KPP Pratama Malang Selatan / Intan Megasari Ceisar - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak pelaksanaan sunset policy pajak tahun 2008 di wilayah KPP Pratama Malang Selatan / Intan Megasari Ceisar

Ceisar, Intan Megasari (2011) Dampak pelaksanaan sunset policy pajak tahun 2008 di wilayah KPP Pratama Malang Selatan / Intan Megasari Ceisar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sunset Policy Pajak Pajak menjadi penyumbang terbesar dalam APBN hampir 70% dari total penerimaan. Untuk meningkatkan keterbukaan Wajib Pajak Direktorat Jenderal Pajak melakukan Reformasi Perpajakan yaitu dilakukannya perubahan mendasar di segala aspek perpajakan. Ini dilandasi karena belum semua Wajib Pajak memenuhi kewajiban secara penuh dilihat dari rendahnya rasio perpajakan rendahnya keterbukaan perpajakan Wajib Pajak serta rendahnya kepatuhan sukarela. Dalam rangka reformasi pajak salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah indonesia untuk mengungkapkan keterbukaan wajib pajak adalah sunset policy. Melalui sunset policy pasal 37 A ayat 2 UU No. 28 tahun 2007 pemerintah memberikan fasilitas berupa penghapusan sanksi bunga atas pajak yang belum dan atau kurang dibayar pada tahun 2007 atau sebelumnya.Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana dampak yang terjadi setelah pelaksanaan sunset policy tersebut diterapkan. Dilihat dari perubahan yang terjadi pada jumlah Wajib Pajak dan penerimaan pajak saat dan setelah sunset policy serta persepsi wajib pajak mengenai sunset policy. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Malang Selatan selama 2 bulan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data penelitian berupa data primer dan sekunder yang diperoleh langsung oleh peneliti di KPP Pratama Malang Selatan. Data primer yang diperoleh melalui hasil wawancara sedangkan data sekunder berupa data nominal dalam bentuk tertulis yang diperoleh dari pihak KPP Pratama Malang Selatan. Dampak yang terjadi pertama pada jumlah Wajib Pajak di KPP Pratama Malang Selatan per tahunnya mengalami peningkatan. Surat Pemberitahuan Tahunan yang masuk mengalami peningkatan sebesar 20%. Ini mengindikasikan bahwa kebijakan sunset policy dapat meningkatkan jumlah Wajib Pajak dan sunset policy telah memberi rangsangan yang cukup baik bagi Wajib Pajak. Kedua dampak sunset policy dilihat dari segi penerimaan pajak di KPP Pratama Malang Selatan pada tahun 2007 hingga 2009 mengalami penurunan. Hal ini tidak dapat dilihat hanya dari sudut pandang searah bahwa sunset policy tidak berpengaruh pada penerimaan pajak. Karena menurut hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat faktor lain yang menyebabkan penurunan tersebut terjadi. Ketiga persepsi Wajib Pajak mengenai sunset policy adalah baik. Saran yang diberikan kebijakan yang telah diterapkan harus diimbangi dengan kesiapan Direktorat Jenderal Pajak dan pemerintah. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan lingkup secara lebih luas agar diperoleh hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41333

Actions (login required)

View Item View Item