Pengaruh CAR, DPK, dan ROA terhadap penyaluran kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (periode 2006-2010) / Miftah Lukman N.W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh CAR, DPK, dan ROA terhadap penyaluran kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (periode 2006-2010) / Miftah Lukman N.W.

Lukman N.W., Miftah (2011) Pengaruh CAR, DPK, dan ROA terhadap penyaluran kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (periode 2006-2010) / Miftah Lukman N.W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CAR DPK ROA Penyaluran kredit Perbankan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel CAR DPK dan ROA yang mempengaruhi penyaluran kredit mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat suku bunga dan tingkat inflasi terhadap penyaluran kredit dan faktor mana yang paling berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Rancangan penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi yang diperoleh dari website Bank Indonesia atau buku Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia yang diterbitkan Bank Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu tingkat CAR DPK ROA dan penyaluran kredit perbulan selama lima tahun dari Januari tahun 2006 sampai dengan Desember tahun 2010. Hasil pengujian hipotesis pertama yang menyebutkan bahwa CAR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penyaluran kredit. Hipotesis kedua yang menyebutkan bahwa DPK berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit ]. Hipotesis ketiga yang menyebutkan bahwa ROA berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit. Sedangkan hipotesis yang keempat yang menyebutkan bahwa CAR DPK dan ROA secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit. Besarnya pengaruh CAR DPK dan ROA terhadap penyaluran kredit sebesar 51 3% dan sisanya 48 7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dari hasil penelitian ini disarankan agar penelitian selanjutnya sebaiknya menganalisis faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit yang tidak saja dari sisi internal perbankan namun juga dari sisi di luar perbankan seperti faktor makroekonomi sehingga analisis yang dihasilkan dapat lebih menyeluruh dan seimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41332

Actions (login required)

View Item View Item