Analisis pengembangan strategi pengelolaan pedagang kaki lima di Kota Malang / Siti Sri Ismiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengembangan strategi pengelolaan pedagang kaki lima di Kota Malang / Siti Sri Ismiyati

Ismiyati, Siti Sri (2011) Analisis pengembangan strategi pengelolaan pedagang kaki lima di Kota Malang / Siti Sri Ismiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kota Malang. PKL timbul dari adanya suatu kondisi pembangunan perekonomian dan pendidikan yang tidak merata diseluruh NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia ) juga timbul akibat dari tidak tersedianya lapangan pekerjaan bagi rakyat kecil yang tidak memiliki kemampuan dalam berproduksi. Permasalahan ini yang menyebabkan pemerintah kota Malang membuat kebijakan untuk mengatur dan menata PKL mengurangi di kota Malang. Kebijakan ini dibuat bukan untuk mematikan lapangan pekerjaan mereka akan tetapi kebijakan ini memiliki tujuan untuk mengatur menata membina mereka menjadi pedagang yang ulet dan mandiri serta menjadikan kawasan PKL menjadi kawasan wisata PKL kebijakan tersebut adalah Peraturan Daerah kota Malang No 1 tahun 2000 tentang pengaturan dan pembinaan PKL dimana dibagi wilayah yang diperuntukkan bagi PKL dan wilayah yang harus bersih dari PKL. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif merupakan perencana pelaksana pengumpulan data analis penafsir data dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Sehingga peneliti adalah instrumen kunci penelitian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data berpedoman pada model analisis data interaktif. Sedangkan untuk mengetahui strategi kebijakan yang bisa diambil oleh pemerintah dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan pedagang kaki lima dalam peningkatan PAD kota Malang. pedagang kaki lima adalah asset yang mempunyai potensi yang dapat dikembangkan dan menjadi sebuah sasaran untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Strategi Kebijakan yang diambil Pemerintah dalam upaya pembinaan dan pengelolaan PKL di Kota Malang dengan analisis SWOT adalah pendataan jumlah PKL pengalokasian tempat berjualan pengarahan pembinaan dan penertiban. Meskipun strategi tersebut telah dilaksanakan namun dalam implementasinya dilapangan masih belum sepenuhnya dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41325

Actions (login required)

View Item View Item